×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tiru adegan film hisap bisa ular, wanita ini dilarikan ke RS

View Image

0

BRILIO » Duh

Tiru adegan film hisap bisa ular, wanita ini dilarikan ke RS

Aksi penyelematan yang dilakukan korban justru tak sesuai prosedur penanganan medis.

11 / 09 / 2019 18:05

Brilio.net - Seorang wanita asal China harus dilarikan ke rumah sakit akibat mengisap bisa ular yang menggigitnya. Wanita yang diketahui bernama Lu tersebut digigit ular berbisa di kakinya saat berada dalam toilet. Lu yang berasal dari provinsi Guizhou, China ini sempat membunuh ular yang menggigit kakinya sebelum akhirnya mengobati luka gigitannya.

Dikutip brilio.net dari asiaone.com, Lu melakukan pertolongan pertama dengan membersihkan darah di lukanya. Ia membersihkan darah tersebut dengan menekan area lukanya sebanyak kurang lebih empat kali. Kendati demikian, usahanya justru membuatnya mengeluarkan nanah.

Wanita ini lalu bergegas mengambil alkohol dan membersihkan lukanya. Tak hanya itu, Lu juga berusaha untuk mengeluarkan bisa ular dari kakinya dengan cara menghisapnya.

"Pertama aku membersihkan darah pada luka. Setelah membersihkan sebanyak empat kali, hanya nanah yang keluar. Aku lalu membersihkan luka dengan alkohol sebelum menghisapnya. Lalu aku berkumur dan bergegas menuju rumah sakit," ungkapnya.

gigitan ular dihisap © 2019 asiaone.com

Loading...

foto: asiaone.com

Seperti diketahui, mengisap bisa ular dari luka gigitan bukanlah cara yang tepat untuk pertolongan pertama. Lu sendiri mengaku melakukan hal tersebut lantaran melihat adegan di televisi. Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang yang salah persepsi dalam memberikan pertolongan pertama terhadap luka gigitan ular.

Banyak adegan di film maupun televisi yang memperlihatkan langkah memberikan pertolongan terhadap luka gigitan ular dengan cara menghisapnya. Bahkan ada juga adegan yang memperlihatkan orang mengiris luka gigitan untuk menyedot racun. Padahal, cara tersebut sebenarnya tidak tepat.

Dokter yang menangani Lu menyarankan agar tidak mengisap luka gigitan ular. Ia menjelaskan, cara tersebut bisa membuat racun menyebar lebih cepat, apalagi kalau korban memiliki luka di mulutnya.

gigitan ular dihisap © 2019 asiaone.com

foto: asiaone.com

Cara Lu mengisap bisa ular ini mungkin menjadi alasan mengapa ia merasa mual dan muntah sebelum sampai ke rumah sakit. Para ahli juga mengatakan bahwa upaya mengisap racun itu sia-sia karena kecepatan penyebaran racun pada korban.

Memotong atau mengiris bagian yang luka juga merupakan langkah yang berbahaya. Pasalnya, cara tersebut dapat memutus aliran darah dan membuat racun mengendap di satu tempat. Hal ini bisa berujung korban kehilangan anggota tubuhnya.

Sementara itu, langkah terbaik untuk pertolongan pertama terhadap gigitan ular yakni membiarkan luka dan jangan biarkan luka terkontaminasi hal lain. Kamu harus melepaskan benda-benda yang mengikat anggota tubuhmu seperti cincin atau pakaian di area luka gigitan. Setelah digigit segeralah meminta pertolongan medis.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more