Brilio.net - Kuman bisa saja menyebar di beberapa tempat yang menurut kita steril, misal di kloset duduk, tangga hingga meja menjadi beberapa contoh tempat menyebarnya kuman dan seringkali lupa mencuci tangan setelah memegangnya.

Penyebaran virus pun ternyata tidak hanya di beberapa tempat tadi, seperti troli atau keranjang belanja yang kamu pakai juga bisa saja mengandung virus. Virus tersebut bisa saja ditularkan oleh orang lain yang datang ke supermarket yang sama.

Dikutip brilio.net dari The Star, Rabu (25/7) sebuah supermarket di Penang, Malaysia ini terindikasi virus HFMD yang membawa gumpalan kuman yang ternyata banyak ditemukan di pegangan troli belanja, tak hanya itu akibat virus ini sekitar 2300 balita yang terkena HFMD.

HFMD  © 2018 brilio.net

foto: istimewa

Balita berusia 10 bulan pun menjadi korban virus tersebut, efek buruknya terjadi perubahan pada tangan balita yang kemudian memerah dan seperti ruam yang banyak terjadi, gatal dan terasa panas.

HFMD  © 2018 brilio.net

Pihak kesehatan Penang, dokter Afif Bahardin menjelaskan, bahwa penyebaran virus terjadi saat balita duduk di troli menghadap orangtuanya saat mereka berbelanja. Awalnya balita akan merasakan panas dan gatal pada kulit tangannya, lalu menjalar ke bagian tubuh lain.

HFMD  © 2018 brilio.net

Hingga saat ini dinas kesehatan di Penang pun sudah mengadakan sosialisasi virus HFMD, seperti di sekolah-sekolah.