Pernikahan pertama berjalan 15 tahun, namun dia ditinggal lebih dulu oleh istrinya. Dari pernikahan pertama, Aki memiliki dua anak. 

“Karena udah tiga kali (menikah). Pertama 15 tahun meninggal, punya anak dua. Anak yang paling tua ikut mamanya, meninggal," ungkapnya. 

Aki kemudian menikah lagi hingga usia pernikahannya menginjak 35 tahun. Dari pernikahan kedua, Khoirudin dikaruniai 8 orang anak. Namun sayang, lagi-lagi Khoirudin ditinggal meninggal oleh 4 orang anak dari istri kedua. 

Pernikahan terakhir sudah berjalan 28 tahun. Kini dia tinggal bersama istri ketiganya di sebuah rumah yang berada di Bandung. Dari tiga kali menikah, Khoirudin memiliki 5 anak yang masih hidup, 5 cucu, serta 13 cicit.

kakek 100 tahun penjual lumpia © TikTok  

foto: TikTok/@sobat.kuliner 

Ketika ditanya mengapa di usia senjanya, Khoirudin masih berjualan di pinggir jalan. Rupanya dia punya alasan yang bikin trenyuh. Khoirudin mengaku anaknya sudah melarang untuk bekerja, namun dia bersikeras tetap jualan semata karena tak ingin jadi beban anak-anaknya. 

“Anak juga suka nangis ke aki yang perempuan. nangis karena katanya jangan jualan, udah aja orang bagi-bagi gitu. kata aki, aki kasihan sama anak. anak nggak punya (susah). karena anak itu kan amanah, jangan diberatin,” ungkapnya.

kakek 100 tahun penjual lumpia © TikTok

foto: TikTok/@sobat.kuliner 

Dalam kesempatan tersebut, pemilik akun @sobat.kuliner memborong semua dagangan Aki Khoirudin sampai tak tersisa. Melihat dagangannya dibeli semua, Khoirudin tiba-tiba menangis. Sambil mengusap air matanya, Aki mengucapkan terima kasih karena sudah memborong semua dagangan. “Iya sedih aki, tadi lagi susah sekarang di... terima kasih banyak," ucapnya sambil menahan tangis. 

Video yang diunggah @sobat.kuliner pada Kamis (17/8) seketika ramai ditonton hingga mencapai 26,7 juta kali. Postingan itu juga dibagikan ulang oleh beberapa pengguna TikTok. Dari postingan tersebut, Aki Khoirudin menjadi viral hingga disambangi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

kakek 100 tahun penjual lumpia © TikTok

foto: TikTok/@sobat.kuliner 

Kehadiran Kang Emil di sana untuk memberikan bantuan juga semangat kepada Aki Khoirudin yang di usia 100 tahun masih memilih berjualan.

"Kakek Khoiruddin yang berusia 100 tahun masih bersemangat menjual lumpia basah dan kering di Jl. Guntursari. Menjual lumpia sejak harganya masih Rp. 3 ribu. Semoga terus diberikan usia yang panjang dan berkah. Silakan dibeli dan dicoba, rekomendasi saya lumpia basah dikasih sambel sedikit. Biar gak terlalu pedas dimakan bareng yang manis-manis, ya @Sicinta Atalia? 

72.png

," tulis Ridwan Kamil di akun TikTok-nya. 

@sobat.kuliner Aki Khoirudin, Usia 100 Tahun. Menjajakan Lumpia dari jam 7 pagi, sampai sore masih sepi pembeli. Walaupun sudah lansia, ingatannya masih tajam.  Part 1 (Durasinya Gak Muat Sob) : Lumpia Goreng dan Lumpia Basah : Rp.2.500,-   : 8/10 : Jl Guntur Sari Wetan depan LIA #kulinertiktok #jajanantiktok #supportumkm #sobatkuliner #fyp suara asli  - Loro F Prasojo | Sobat Kuliner