Brilio.net - Kurang dari sebulan, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Berbagai persiapan telah dilakukan, baik dari tempat penyelenggaraan hingga atlet yang akan bertanding pada tiap cabang olahraga. Namun jelang bergulirnya multievent empat tahunan ini, salah satu stadion yang nantinya jadi venue malah dirusak suporter.

Stadion yang dirusak adalah Stadion Jakabaring di Palembang. Kejadian bermula saat Srwijaya FC selaku tuan rumah menjamu Arema FC dalam lanjutan kompetisi Liga 1, Sabtu (21/7). Pada pertandingan tersebut, tuan rumah harus kalah telak dari sang tamu dengan skor 0-3.

Merasa tak puas dengan permainan tim kebanggannya, para suporter yang memadati tribun stadion pun meradang. Setelah wasit meniupkan peluit panjang, suporter tuan rumah langsung melakukan aksi anarkis. Mereka merusak kursi tribun dengan cara melepasnya dan melemparkan ke tengah lapangan.

 

Pada video dan foto yang beredar terlihat jelas aksi tak terpuji dari para suporter ini. Setidaknya ada ratusan kursi yang rusak akibat insiden tersebut. Padahal Stadion Jakabaring ini menjadi salah satu venue yang akan dipakai untuk menyelenggarakan pertandingan cabang olahraga sepakbola puteri.

Digelarnya pertandingan Sriwijaya FC vs Arema FC di stadion tersebut pun menjadi tanda tanya besar. Pasalnya Asian Games akan mulai bergulir hanya tinggal 27 hari lagi. Sementara stadion-stadion lain yang ada di Jakarta, Bogor, Karawang dan Bekasi sudah steril. Bahkan Persija Jakarta harus menggelar pertandingan kandang di Stadion Sultan Agung, Bantul.

 

Aksi ini pun mendapat kecaman dari warganet. Banyak dari mereka mempertanyakan mengapa stadion venue Asian Games masih boleh dipakai untuk menggelar pertandingan. Mengingat multievent empat tahunan ini akan digelar sebentar lagi.

"Ya Allah palembang
Udahlah jangan dipake lagi stadion gsj, mau Asian games ini. GBK aja udah steril, stadion2 lain juga steril gsj masih dipake aja, rusak kan," tulis akun @barfinsya.

"Padahal stadion tersebut akan di gunakan sbg main stadium Asian Games 2018 yang dimana indonesia khususnya Palembang jadi salah satu kota yang menggelar pesta olahraga tsb. Gimana yaa, banyak orang mengkritik kinerja pemerintah yang ga maksimal lah, ga tepat sasaran lah,..," tulis akun @ikhsanadrian.

"Sedihhh banget ya Allah.. pada bisanya rusak fasilitas yg udah capek capek dibuat.. lu katee bikinnya tinggal ngomong simsalabim. Uhhh gemes gue doain pada cepet tobat deh lu semua supporters sriwijaya fc," tulis akun @yusniami

"kenapa atuh masih dipake stadionnya juga -.-. tapi yah, memang jelas ini oknum kebangetannya, timnya kalah, malah ngerusak stadion sendiri, nyusain tim sndiri bukannya di support, aneh betul," tulis @manggalakurnia.