Brilio.net - Mohammad Imron, M.Kom, dosen mata kuliah Kriptografi di STMIK AMIKOM Purwokerto, Jawa Tengah, membuat netizen geger setelah soal ujian akhir semester yang dibuatnya melenceng jauh dari mata kuliah yang diajarkan.

Dia justru membuat 10 soal yang isinya bagaimana sikap mahasiswanya kepada orangtuanya, terutama ibu-ibu mereka. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam ujian open book ini sarat akan muatan moral. Mengingatkan lagi bagaimana perjuangan orangtua, terutama ibu membesarkan anak-anaknya. Dikutip dari 1Cak.com, berikut soalnya:

soal ujian baper © 2016 brilio.net

Kriptografi sendiri sebenarnya ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi, seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data.

Imron mungkin bermaksud membuat soal tersebut supaya mahasiswanya memiliki karakter kuat sebagai anak muda. Dalam pengantar soal dituliskan, "Karakter bangsa ditentukan kalian. Bisa saja saya membuat ujian yang lebih sulit tapi saya tidak ingin Anda menjadi orang yang tidak lupa dari mana Anda dilahirkan, agar Anda dapat menghormati dan menghargai orang lain".

Loading...

Tapi apakah soal ujian itu benar-benar adanya diujikan, brilio.net sedang menunggu konfirmasi dari dosen terkait. Namun begitu, soal ujian tersebut mengundang banyak komentar. Berikut beberapa komentar netizen:

1. Teringat ibu.

soal ujian baper © 2016 brilio.net

2. Ini juga teringat ibu.

soal ujian baper © 2016 brilio.net

3. Ada yang mengonfirmasi bahwa itu soal yang benar-benar diujikan untuk semua kelas yang diampun dosen terkait.

soal ujian baper © 2016 brilio.net

4. Netizen lain juga tampak mengonfirmasi bahwa dosen terkait memang benar-benar berasal dari sekolah tinggi tersebut dan seakan mengiyakan bahwa soal ujian tersebut adalah buatan dosen bernama Imron.

soal ujian baper © 2016 brilio.net

Hmmm... kalau kamu sendiri dapat soal ujian di atas, bakal mewek kangen ibu nggak sih, Sobat Brilio?