Brilio.net - Sekecil apa pun penghasilan yang masuk, kamu masih bisa menabung bila memiliki niat. Tabungan yang kamu kumpulkan ini bisa menjadi cadangan ketika kamu membutuhkan dana dadakan di kemudian hari.

Banyak cara yang bisa kita pilih untuk menabung. Baik menyimpannya sendiri di rumah maupun di bank. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan, seperti saat kamu menabung di bank, kondisi tabunganmu dijamin aman. Ada juga yang memilih untuk menyimpannya sendiri di rumah.

Dilansir brilio.net dari shanghai.ist, Minggu (18/8), seorang wanita lansia di Guangxi ini mengalami hal kurang beruntung. Ia menyimpannya tabungnya di rumah. Alih-alih berniat menabung, uangnya malah dimakan rayap. Mungkin ia membutuhkan penasihat keuangan setelah rayap memakan uang tabungannya.

Lebih dari setahun yang lalu, wanita itu yang bermarga Liu, menaruh setumpuk uang kertas seratus yuan ke dalam kotak. Ia bertujuan menyimpannya agar tabungan itu tetap aman. Pada hari Senin, dia membukanya dan menemukan bahwa uangnya telah dimakan rayap.

Liu memperkirakan ada sekitar 10.000 yuan atau Rp 20 juta di kabinet itu. Namun, ketika dia pergi ke bank untuk menukarkan uang yang rusak dengan yang baru, teller memberitahunya bahwa hanya 6.900 yuan atau Rp 13 juta dari tumpukan uang itu yang dalam kondisi cukup baik untuk ditukar. Ia mengalami kerugian sekitar Rp 7 juta.

Loading...

Meskipun pada akhirnya, ia masih sedikit beruntung dibandingkan dengan seorang lelaki tua di provinsi Guangdong yang kehilangan 40.000 yuan atau Rp 79,6 juta karena rayap dan seorang nenek yang memiliki 60.000 yuan atau Rp 120 juta dari tabungan dimakan rayap.