Brilio.net - Mungkin banyak yang belum mengetahui betapa pentingnya untuk mempelajari Cardiopulmonary resuscitation atau CPR agar bisa menyelamatkan nyawa seseorang. CPR merupakan teknik kompresi dada dan pemberian nafas buatan untuk seseorang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang-orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung.

Seperti kondisi yang dialami seorang pria dalam video yang dikutip brilio.net dari YouTube, Senin (22/8). Ia diketahui tenggelam di pantai dan berhasil diselamatkan dengan dibawa ke bibir pantai. Namun sayang, tak ada seorang pun di pantai itu yang tahu bagaimana melakukan CPR. Ratusan orang terlihat panik dan terdengar teriakan hingga jeritan. Sementara keluarga pria itu tak henti-hentinya menangis di sampingnya.

pria tewas tenggelam © 2016 brilio.net

Segala upaya dilakukan penduduk setempat untuk menyelamatkan pria yang tak diketahui identitasnya itu. Mulai dari membalik tubuh, menggoyangkan tubuhnya, sampai menggendongnya sembari mengusap punggung dengan maksud mengeluarkan air. Namun cara tersebut tak sepenuhnya membantu.

CPR seharusnya jadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Tak hanya dokter dan tenaga terlatih yang bisa memakai teknik CPR. Kamu sebagai orang awam pun bisa melakukannya agar bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Meski teknik yang kamu pelajari bisa saja berbeda dibanding teknik yang dimiliki seorang dokter atau tenaga terlatih.

Loading...

Lewat video yang brilio.net kutip dari Facebook RBREEZY ini setidaknya bisa membuat kita semua belajar cara sederhana untuk menyelamatkan nyawa seseorang melalui CPR: