Brilio.net - Kendaraan didesain sedemikian rupa dari pabriknya sudah disesuaikan dengan keamanan dan kenyamanannya ketika dikendarai. Namun ketika sudah di tangan konsumen, naluri-naluri memodifikasi kendaraan kadang tak terbendung.

Ada yang memodifikasinya tanpa mengurangi fungsi, keamanan, dan kenyamanannya. Namun ada juga yang malah bikin geleng kepala, baik dari segi model maupun fungsinya. Sampai-sampai bisa dinilai melanggar aturan.

Belakangan viral kendaraan Vespa yang dimodifikasi sampai ukurannya nyaris memenuhi badan jalan. Dilaporkan oleh akun Instagram Satlantas Polres Boyolali, saat petugas melaksanakan kegiatan patroli di Jalan Solo-Semarang, mereka menemukan pengendara Vespa yang tidak sesuai standar persyaratan teknis di jalan raya.

"Satlantas Polres Boyolali pada saat melaksanakan kegiatan Patroli di sepanjang Jl. Solo - semarang menemukan pengendara Vespa yg tidak memenuhi standart persyaratan teknis di jalan raya, sehingga dilakukan penindakan penggaran sesuai aturan UU No 22 tahun 2009 ttg Lalu lintas dan angkutan jalan dg pasal 285 ayat (1) jo 106 (3) jo 48 (2) (3) dengan menyita kendaraan sebagai Barang bukti, karena dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan serta mengganggu pengguna jalan lainnya.
*MARI TERTIB BERLALU LINTAS*
*STOP PELANGGARAN STOP," demikian keterangan yang menyertai video seperti dikutip brilio.net dari akun Instagram Satlantas Polres Boyolali, Senin (30/8).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Satlantaspolresboyolali (@satlantaspolresboyolali)

 

Dinilai melanggar aturan dan mengganggu pengguna jalan lain, Vespa beserta pengendaranya diamankan petugas. Kejadian ini tak pelak menuai beragam komentar warganet.

"Saudaraku kalau punya hobi tolong jangan yang dapat membahayakan untukmu dan orang lain," pesan akun________ayub_________.

Ada pula akun nona.imuts57 yang menyindir bercanda, "Jualan ban keliling ituuu....,"

Lain lagi dengan netizen sabariniujian__ yang menanyakan kemampuan petugas Satlantas. "Kok pak polisinya bs ya ngendarain pespanya ."

Selain itu, warganet argo_squarpant meminta adanya edukasi untuk anak-anak muda yang gemar memodifikasi kendaraan semacam ini. "Untuk mesin gimna pak @satlantaspolresboyolali ..? Apakah di balikin... di edukasi aja pak orangnya itu di polres klau tidak memenuhi peraturan... siapa tau mesinnya dia komplit pak kan sayang hehehehehe... semoga dengan di edukasi bapak mas mas itu bisa lebih belajar lagi dalam berkendara pak..."

Nah, menurut Sobat Brilio gimana nih modifikasi kendaraan seperti di atas?