Brilio.net - Banyak orang yang menyukai makanan Jepang. Salah satunya adalah ikan mentah yang disajikan dalam bentuk sushi atau sashimi. Namun, para dokter memperingatkan jika terlalu sering mengonsumi sushi dalam jumlah besar bisa mengalami risiko kesehatan serius. Salah satunya terkena infeksi cacing parasit yang bisa mematikan.

parasit di perut © 2017 viral4real.com

Memasak makanan membunuh banyak jenis bakteri dan parasit yang hidup dalam daging mentah. Namun bila tak dimasak, parasit tersebut bisa masuk ke dalam tubuh dan merusak usus manusia. Oleh karena itulah para ilmuwan juga ikut memperingatkan tentang bahaya memakan ikan mentah. Terlebih setelah ada insiden terakhir yang dialami pria asal Portugal ini.

parasit di perut © 2017 viral4real.com

Seorang pria berusia 32 tahun dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami sakit perut dan muntah parah. Pasien sudah sakit selama lebih dari seminggu sebelum akhirnya masuk rumah sakit. Dokter pun segera melakukan pemeriksaan. 

Menurut informasi yang diperoleh brilio.net dari viral4real, Selasa (16/5), tes darah yang dilakukan menunjukkan adanya peradangan ringan dan juga mengungkapkan bahwa daerah di bawah tulang rusuknya sangat empuk. Ketika dokter melakukan prosedur endoskopi dengan memasukkan sebuah tabung panjang yang dilengkapi kamera, terlihat adanya membran usus yang membengkak dengan parasit yang melekat kuat, ujungnya menembus perut.

parasit di perut © 2017 viral4real.com

Ketika pria tersebut mengatakan kepada dokter bahwa dia baru saja makan sushi, dokter kemudian menduga bahwa dia mungkin menderita anisakiasis. Anisakiasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh cacing dari family Anisakidae terutama Anisakis sp, yang bisa menyebabkan sakit perut parah, muntah dan demam.

parasit di perut © 2017 viral4real.com

Cacing tersebut kemudian dibersihkan dengan menggunakan jaring khusus yakni jaring Roth, sebuah jaring plastik kecil yang biasa digunakan untuk menghilangkan polip dari usus besar serta benda asing lainnya yang ditemukan di saluran pencernaan seperti parasit. Menurut tim medis dari rumah sakit Lisbon, setelah parasit itu dikeluarkan dari ususnya, pria tersebut menunjukkan gejala membaik.

"Karena perubahan kebiasaan makan, anisakiasis menjadi penyakit yang berkembang di negara-negara Barat, yang patut dicurigai pada pasien dengan riwayat konsumsi ikan mentah atau tak dimasak," kata Dr Joana Carmo, ahli gastroenterologi di Hospital of Egas Moniz di Lisbon, Portugal, seperti dikutip dari Telegraph.

parasit di perut © 2017 viral4real.com

Ya, meski kebanyakan orang percaya bahwa sushi adalah makanan bergizi rendah kalori, namun sejumlah penelitian menunjukkan, hidangan khas Jepang itu sebenarnya bisa membahayakan kesehatan. Beberapa penelitian menemukan bahwa makan sushi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan terkena kadar merkuri yang berbahaya.