Dalam video tersebut, ia tampak berjalan dengan pelan ke arah makam ibunya. Wajahnya tampak begitu sedih ketika langkah kakinya sudah mendekati pemakaman ibunya.

Rupanya, pria tersebut baru saja lulus dari Universitas Malaysia Kelantan dengan gelar doktor. Namun sayang, dua bulan sebelum hari kelulusannya, sang ibunda justru pergi untuk selama-lamanya.

"Ibu saya ingin pergi ke wisuda saya, tetapi Tuhan memanggilnya dua bulan sebelum acara. Jadi, saya pergi ke makamnya untuk menunjukkan keberhasilan saya, berkat doanya saya berhasil hingga saat ini," ujarnya, dikutip brilio.net pada Selasa (17/1).

Tangis pria ini pecah ketika berhasil raih gelar S3 © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@khalifah_terakhir16

Lebih lanjut, pemilik akun tersebut mengaku hidupnya terasa begitu kosong setelah kepergian sang ibu. Meski begitu, ia tak lantas terpuruk atas kesedihan tersebut. Di balik kesedihannya, ia terus berjuang untuk menyelesaikan pendidikan dan mempersembahkan gelar tersebut sebagai hadiah bagi sang ibu.

"Betapa kosong hidup ini tanpa ibu. Ibu, ini hadiah dari berkat doa ibu selama ini. Terima kasih atas segala-galanya. Al-Fatihah Allahyarhamah Rohani Haji Mohamad," ungkapnya.

Tangis pria ini pecah ketika berhasil raih gelar S3 © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@khalifah_terakhir16

Dalam lanjutan videonya, pria tersebut tampak memasuki gedung tempat wisuda dengan berlinang air mata. Kesedihannya seolah tertutupi dengan masker yang ia kenakan. Sebelum berangkat ke tempat wisuda, ia mengaku sempat berniat untuk tidak hadir di acara tersebut.

Namun semua pemikiran itu sirna setelah ia memikirkan ayah dan sanak saudara yang berkeinginan datang untuk memberikan ucapan selamat dan doa kepadanya.

"Saya berencana untuk tidak menghadiri pertemuan itu, tetapi saya lanjutkan karena saya memikirkan ayah dan saudara saya," ungkapnya.

Tangis pria ini pecah ketika berhasil raih gelar S3 © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@khalifah_terakhir16

Segenap dosen dan rektor di perguruan tinggi tempatnya menempuh pendidikan pun turut merasakan kesedihan pria tersebut. Tak hanya itu, video tersebut pun turut mengundang rasa simpati warganet. Tak sedikit warganet yang meninggalkan komentar berisi doa untuk mendiang ibunya. Banyak juga yang memberikan ucapan selamat dan semangat.

"MasyaAllah alhamdulillah, congrats Dr," kata akun @lindahasrul.

"TAHNIAH DR. mak mesti happy sngt2 dkt sana. Jd anak soleh dunia akhirat ye. Al fatihah," ujar akun @nadyahartanah.

"Tahniah buat awk shbt...byk kn bersabar awak,mmg Bila ibu dh tiada mmg terasa sgt..tpi sy harap awak kuat utk teruskn kehidupan awak..." tulis akun @sue8787.

"Tahniah Dr..semoga arwah ditempatkan di dalam kalangan orang² yang beriman Amiinn," tambah @ramizahrazi.

 

@khalifah_terakhir16

Usai saya tamat dan lulus peperiksaan lisan (VIVA) pengajian PhD. Ibu yang pertama saya hubungi. Teresak-esak tangisnya di talian. Beliau hanya belajar di darjah 3 dan tidak mengerti akan perjalanan pengajian ini. Tapi betapa keramat doa ibu sehingga aku berjaya mencapai ke tahap ini. Ibu tak sempat nak tengok dan merai bersama konvokesyen saya. Betapa kosong hidup ini tanpa ibu. Ibu, ini hadiah dari berkat doa ibu selama ini. Terima kasih atas segala-galanya Al-Fatihah Allahyarhamah Rohani Haji Mohamad

original sound - Khalifah_Terakhir16 - Kembara Hamba