Brilio.net - Tali persaudaraan sedarah tidak bisa diputus, meskipun jarak memisahkan. Tidak akan mengubah fakta bahwa saudara akan selalu menjadi keluarga selamanya. Seperti baru-baru ini, momen haru menyelimuti suasana pertemuan antara Suharto dan Suharti. Keduanya merupakan kakak beradik yang terpisah selama 27 tahun.

Dalam video yang beredar, berawal dari Suharti yang merantau ke Pulau Kalimantan puluhan tahun lalu. Hingga kondisi Suharti sangat memprihatinkan, karena tinggal seorang diri di sebuah gubuk di atas tanah milik orang lain.

Di sisi lain, Suharti juga mengaku bahwa dirinya sudah putus komunikasi dengan anak dan keluarganya yang berada di Pulau Jawa. Ketika itu, Suharti menceritakan kepada tim Relawan Infaq Marangkayu (RIM), bahwa ia rindu dan ingin bertemu dengan keluarganya.

Hingga pada 6 Oktober 2022 tim RIM bertanya ke dia alamat lengkapnya beserta nama orang tua di Pemalang, Jawa Tengah, dan diunggah melalui media sosial. Dengan cepat, banyak warganet yang merespons, sehingga tim RIM mendapatkan kontak keluarga Suharti.

"Alhamdulillah yang pertama berkomunikasi dengan kami yaitu anaknya, bernama Laude yang kebetulan tinggal di Pemalang. Setelah itu, kami juga mendapatkan informasi nomor kontak Suharto," ucap tim RIM, seperti dikutip brilio.net, Kamis (13/10).

Momen haru kakak beradik ini bertemu © 2022 berbagai sumber

foto: Facebook/Relawan Infaq Marangkayu

Sebenarnya Suharto, kakak Suharti yang kini tinggal di Palangkaraya, juga sudah lama mencoba mencari. Akan tetapi selalu berujung buntu dan tidak mendapatkan kabar apapun.

Hingga kemudian, Suharto dihubungi TIM RIM jika sudah menemukan sang adik. Tim RIM juga mengatur jadwal pertemuan Suharto dengan Suharti pada Minggu (9/10).

"Alhamdulillah selama 27 tahun Ibu Suharti baru bertemu dengan kakak kandungnya Pak Suharto," tulis tim RIM.

Momen haru kakak beradik ini bertemu © 2022 berbagai sumber

foto: Facebook/Relawan Infaq Marangkayu

Sontak dari unggahan tersebut menuai banyak komentar dari warganet.

"Alhamdulillah bisa bertemu kembali berkat doa ibu selama ini, dan Allah telah mengabulkan doanya melalui Relawan Infaq Marangkayu, aamiin," tulis @Sutrisno Trisno.

"Ya Allah ikut terharu melihatnya," tulis @Nurul Huda

"Alhamdulillah sekian lama menunggu akhirnya dipertemukan," tulis @Amirudin Crane

"Semangat semua saudaraku," ujar @Ridho RifQie

"Alhamdulillah masya allah buat para relawan sungguh luar biasa," tulis @Nayra Jaya