Brilio.net - Usia memang bukan halangan bagi seseorang untuk tetap berjuang untuk mengais rezeki yang halal. Setidaknya begitulah yang dilakukan oleh Mbah Ratim atau yang kerap disapa dengan Mamang Buang. Di usianya yang sudah lebih dari 80 tahun, dirinya tetap semangat mencari nafkah walaupun fisiknya sudah tak mendukung lagi.

mbah ratim © 2016 brilio.net



Dikutip brilio.net dari akun Facebook Alaudien Al-Ghazali, Selasa (5/10), Mbah Ratim tinggal di Kampung Garung Desa Cijeruk, Kibin, Serang. Sehari-hari kakek yang sudah renta ini berkeliling berjualan pisang dengan sepeda tuanya. Walau dirinya membawa sepeda untuk berjualan namun karena fisiknya sudah sangat lemah, sepeda tersebut hanya dituntun dan tidak dikayuhnya.

mbah ratim © 2016 brilio.net



"Meski dalam keadaan sakit tapi mbah paksakan berjualan hanya untuk  bertahan hidup, lihatlah kaki mbah yang mulai bengkak karena keseringan berjalan kaki dan menopang berat dagangannya," tulis Alaudien Al-Ghazali.

mbah ratim © 2016 brilio.net



Bahkan rumahnya pun sangat memprihatinkan, jangankan untuk membeli perabotan, untuk makan saja dirinya serba kekurangan.

mbah ratim © 2016 brilio.net



"Buat sahabat yang tinggal di Serang khususnya daerah Tambak Keragilan dan Cikande jika melihat Mbah Ratim berjualan tolong dibeli ya dagangannya meskipun kita merasa tak membutuhkannya. Dengan membeli dagangannya berarti kita sudah ikut membantu meringankan beban hidupnya," pesan Alaudien