1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Duh
Ismarlina Mokodompit 10 Agustus 2017 19:45

Materi ceramah 4 ustaz ini kontroversial, tuai kritikan netizen

Ceramahnya bisa ditonton dengan mudah di media sosial.

Brilio.net - Menjadi seorang pendakwah atau ustaz memiliki risiko yang besar. Selain harus memahami ilmu agama yang disampaikan, perilaku dan tindakan seorang ustaz juga harus selayaknya orang alim. Tak hanya itu, isi ceramah seorang pendakwah juga sebaiknya tidak menimbulkan kontroversi dan multitafsir. Sebab apa yang diucapkan akan menjadi sorotan jemaah atau publik.

Belakangan, sosok pendakwah atau ustaz sedang ramai menjadi sorotan publik terkait ceramahnya. Materi ceramah yang mereka sampaikan dianggap kontroversial dan menuai kritik netizen. Siapa saja mereka dan apa yang mereka katakan? Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/8), ini dia daftarnya.

 

1. Ungkapan 'pesta seks' oleh Ustaz Syam.


Pertengahan Juli lalu, publik di Indonesia dibuat geram dengan sebuah cuplikan video ceramah seorang ustaz di sebuah acara di televisi swasta Tanah Air. Acara yang bertajuk tentang indahnya agama Islam itu menuai protes dari netizen. Pasalnya, dalam ceramah tersebut sang ustaz muda yang belakangan dikenal sebagai Ustaz Syam melontarkan kata 'pesta seks' yang dianggap tak pantas untuk diucapkan dan ditayangkan di ranah publik.

Dalam cuplikan video yang diunggah oleh akun Twitter @AdellaWibawa, terdapat kata-kata yang bikin netizen geram.

"Salah satu nikmat yang ada dalam surga adalah pesta seks. Minta maaf karena inilah yang kita tahan-tahan di dunia dan kenikmatan terbesar yang diberikan Allah SWT di surga adalah pesta seks. Kenapa ini? Karena ini yang disuruh tahan di dunia oleh laki-laki," ungkap ustaz tersebut dalam cuplikan video berdurasi 56 detik itu.

 

Geram dengan isi ceramah sang ustaz, kabarnya ceramah tersebut juga sudah dilaporkan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Namun akhirnya diketahui sang ustaz muda itu langsung memberi klarifikasi. Melalui akun media sosialnya, pria bernama lengkap Syamsuddin Nur Makka ini meminta maaf pada Senin (17/7).

 


2. Proses sesar merupakan salah satu di antara bentuk 'anarkisme setan kepada manusia' oleh Ustaz Zulkifli.


Sebuah video ceramah seorang ustaz yakni Ustaz Zulkifli Muhammad Ali, Lc, MA juga tak kalah membuat netizen dunia maya heboh. Dalam video yang tersebar di media sosial Youtube itu, sang ustaz menyebut bahwa proses persalinan sesar merupakan salah satu di antara bentuk 'anarkisme setan kepada manusia'.

"Ibu-ibu pengumuman, saya dapat menyakinkan kepada semua orang yang terlibat kepada sesar bahwa orang ini mengalami gangguan jin di dalam tubuhnya gangguan setan di perutnya, di bagian rahimnya," katanya di awal ceramah.

Menurut Zulkifli, ibu hamil yang menjalani sesar harus diruqyah perutnya berulang-ulang maka nanti akan ada dampak yang dirasakan oleh ibu hamil yang berniat melakukan proses sesar. Zulkifli pun memberikan contoh istrinya yang hampir menjalani proses sesar, menurutnya istrinya mengaku mendapatkan bisikan kuat di telinganya.

Berikut video ceramah Ustaz Zulkifli selengkapnya:

 

3. Umat Islam sebaiknya tidak memilih profesi dokter hewan oleh Mamah Dedeh.

Dedeh Rosidah atau lebih akrab disapa Mamah Dedeh rupanya juga menjadi sorotan karena ceramahnya. Dalam ceramahnya yang ditayangkan di program harian yang dibawakannya reguler di stasiun TV Indosiar 'Mamah dan Aa' itu menyinggung profesi dokter hewan.

Menurut Mamah Dedeh, umat Islam sebaiknya tak memilih profesi sebagai dokter hewan.

"Kalau saya menganjurkan, kalau kita sebagai seorang muslim, jangan jadi dokter hewan," kata Mamah Dedeh dalam ceramah yang ditayangkan tanggal 31 Juli lalu itu.

 

Pernyataan Mamah Dedeh tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan seorang jemaah asal Magelang, Muhsin. Saat itu Muhsin bertanya terkait membersihkan najis bagi seorang dokter hewan yang baru saja mengoperasi anjing. Sontak, pernyataan Mamah Dedeh tersebut menuai kritik dari netizen.

Namun pada tanggal 3 Agustus 2017, Tim Pengurus Besar Persatuan Dokter Hewan Indonesia bersilaturhami ke rumah Mamah Dedeh untuk meminta klarifikasi terkait ceramahnya. Dalam pertemuan tersebut, Mamah Dedeh mengungkapkan permintaan maafnya kepada para dokter hewan yang merasa tersinggung.

 

4. Susah hamil karena sering pakai pembalut dan sepatu hak tinggi oleh Ustaz Febri Sugianto.

Baru-baru ini, ceramah dari Ustaz Febri Sugianto ramai diperbincangankan netizen di media sosial. Pasalnya, dalam ceramah tersebut sang ustaz mengatakan bahwa perempuan susah hamil karena sering menggunakan pembalut.

Menurut Febri, perempuan yang sering menggunakan pembalut bisa terkena bakteri yang masuk ke dalam rahim. Oleh karena itu perempuan yang sering menggunakan pembalut lebih sering keputihan.

"Boleh menggunakan pembalut di siang hari tapi malamnya jangan. Karena bakteri akan muncul ketika tingkat keasaman tidak stabil," terang Febri, yang juga menyarankan wanita memakai popok saja sebagai pengganti pembalut.

Selain karena pemakaian pembalut, Febri juga menyebutkan bahwa faktor lain yang menyebabkan perempuan susah hamil adalah penggunaan sepatu hak tinggi.

Tonton video selengkapnya di sini:

 

 

(brl/nng)

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

#BRILIOASKYOU Kamu Pilih Mana Hayo?
Yuk, kita coba pahami keinginan para cewek! Jangan lupa komennya ya Guys. -SUBSCRIBE- http://bit.ly/1S5PBgw -WEBSITE- http://brilio.net -FACEBOOK- ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?