Brilio.net - Untuk kesekian kalinya lukisan Mona Lisa yang berada di Museum Louvre, Paris diserang oleh pengunjung. Kali ini, lukisan tersebut diserang pria di kursi roda yang memakai wig dengan sebuah kue.

Penyerangan terhadap lukisan Mona Lisa menjadi bagian dari sejarah panjang lukisan tersebut selama ada di museum itu. Pada 1950-an, lukisan karya Leonardo da Vinci tersebut pernah dilempar asam sulfat oleh seorang siswa Bolivia. Tak puas menyiram lukisan tersebut, sang siswa memukulnya dengan batu hingga kaca pelindung mengalami keretakan.

Pada 1974, saat lukisan berukuran 77 x 53 sentimeter tersebut berada di sebuah pameran di Tokyo, seorang wanita di kursi roda menyemprotkan cat merah. Hal ini disebabkan karena ketidakpuasan kepada penyelenggara atas kurang landainya posisi lukisan.

Pada 2009, seorang turis Rusia juga pernah melempari lukisan tersebut dengan secangkir teh.

Berbagai peristiwa tersebut menjadi catatan bagi lukisan Mona Lisa yang pernah hilang pada 1911 selama tiga tahun. Walaupun begitu, lukisan tersebut sampai hari ini masih bisa diselamatkan dan dipajang di berbagai pameran, termasuk insiden yang terjadi di Museum Louvre, Paris.

Tak jelas siapa pria berkursi roda yang memakai wig tersebut. Dia tiba-tiba langsung melempar kue ke arah lukisan Mona Lisa.

Walaupun begitu, lukisan yang dibuat 1503 dan 1519 tersebut tidak mengalami hal-hal yang mengkhawatirkan karena ada kaca pelindung.

Para petugas Museum Louvre langsung mengamankan orang tersebut dan membawanya keluar museum. Mereka juga segera membersihkan kaca pelindung lukisan.

Momen mengejutkan tersebut menjadi perhatian banyak orang dan mengabadikan di laman media sosial pribadinya. "Mungkin ini hanya gila bagi saya, tetapi seorang pria berpakaian seperti seorang wanita tua melompat dari kursi roda dan berusaha untuk menghancurkan kaca antipeluru dari Mona Lisa. Kemudian mulai mengolesi kue di kaca, dan melempar mawar ke mana-mana sebelum ditangani oleh keamanan," ungkap akun Twitter @lukeXC2002.

"Inilah momen ketika mereka membawa pergi orang yang melemparkan kue ke Monalisa," kata akun @elsalonrojo merekam saat petugas museum mengamankan pelaku.