Brilio.net - Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan lukisan legendaris karya Leonardo da Vinci yang kini tergantung di dinding museum Louvre, Paris. Ya, lukisan Mona Lisa Yang terkenal dengan senyum misteriusnya itu memang sudah sejak lama menggelitik para ilmuwan untuk meneliti lukisan tersebut.

Bahkan saking banyak orang yang terobsesi kepadanya, banyak berembus teori konspirasi tentang lukisan tersebut. Ah, apa memang iya?

Dilansir brilio.net dari mentalfloss, Rabu (10/8), ini dia 6 rahasia di balik senyum misterius Mona Lisa.

1. Mona Lisa bukanlah namanya.

senyum monalisa © 2016 brilio.net

Loading...

foto: wikipedia.org

Mona Lisa bukanlah nama asli wanita dalam lukisan tersebut. Objek dalam lukisan tersebut adalah Lisa Gherardini yang merupakan istri bangsawan bernama Francesco Del Giocondo. Dalam Bahasa Italia, Mona Lisa berarti 'My Lady Lisa'.

2. Napoleon pernah jatuh cinta padanya.

senyum monalisa © 2016 brilio.net

foto: history.com  

Sebelum tergantung di Louvre, Napoleon pernah memilikinya dan memajang di kamar tidurnya agar bisa dipandangi tiap malam.

3. Banyak pria meninggal karena mencintainya.

senyum monalisa © 2016 brilio.net

foto: nypost.com

Pada tahun 1852, seniman bernama Luc Maspero meloncat dari lantai empat dan meninggal sebuah surat yang berisi 'Selama bertahun-tahun aku telah bergulat dengan senyumnya, lebih baik aku mati'. Lalu pada tahun 1910, satu pria lagi meninggal dengan menembak dirinya sendiri setelah tak kuat melihat senyum Mona Lisa. Wah!

4. Senyum itu terjadi bila Mona Lisa tidak memiliki gigi.

senyum monalisa © 2016 brilio.net

foto: nypost.com

Sebuah riset yang dilakukan dari tahun 1997 hingga 2001 yang dipimpin oleh Dr Montague Merlic, ahli forensik asal Inggris, mengungkapkan bahwa Mona Lisa tidak dapat menutup mulutnya dengan pas karena dia mungkin telah kehilangan gigi-giginya.

5. Senyum Mona Lisa bisa berubah?

senyum monalisa © 2016 brilio.net

foto: cntraveler.com

Rumor yang pernah berembus mengatakan bahwa senyum Mona Lisa bisa berubah-ubah. Namun Seorang pakar neuroscientist dari Universitas Harvard, Margaret Livingstone, yang mendapat dukungan dari ahli sejarah kesenian zaman Renaissans dari Universitas Columbia, James Beck, mengungkapkan sebuah kajian ilmiah yang menyatakan bahwa senyum Mona Lisa terlihat berbeda itu tergantung dari sudut mana orang tersebut melihat. Semuanya hanya ilusi optik. Wuih, keren ya?

6. Presentasi ekspresi dari senyum Mona Lisa.

senyum monalisa © 2016 brilio.net

foto: monalisa.org

Para ilmuwan dari Universitas Amsterdam dan Universitas Illinois pada tahun 2005 tidak mau ketinggalan untuk menganalisis senyum Mona Lisa menggunakan bantuan software komputer untuk mengungkap rahasia emosi yang terkandung dalam lukisan tersebut. Dalam 'New Scientist' mereka menyimpulkan bahwa senyuman Mona Lisa menyampaikan pesan bahwa senyum tersebut mengandung 83% bahagia, 9% kekejian, 6% rasa takut, dan 2% rasa marah.