Brilio.net - Sebagai seorang wanita, mengandung adalah sebuah anugerah terindah. Namun bagaimana jika wanita tersebut justru mengalami masalah pada rahimnya. Padahal rahim adalah tempat di mana janin akan berkembang hingga lahir.

Seperti kisah yang baru-baru ini viral di media sosial TikTok @yutadama20 pada (27/9) lalu. Dalam video yang berdurasi 56 detik tersebut seorang wanita yang diketahui bernama Yuta membagikan kisah perjuangannya dalam mengidap penyakit endometriosis adenomyoma, kondisi yang membuat dirinya terpaksa menjalani operasi pengangkatan rahim di usia 30 tahun.

Perjuangan wanita pengidap endometriosis TikTok

foto: TikTok/@yutadama20

Gejala umum yang ditemukan meliputi perdarahan menstruasi yang berat dan berkepanjangan, kram menstruasi yang parah, hingga tekanan perut atau kembung. Wanita bernama Yuta Dama ini bercerita jika pengangkatan rahim adalah jalan terakhir yang dipilih lantaran dokter menyebut meski endometriosis diangkat, kemungkinan besar penyakit itu kembali muncul.

"Keputusan terakhir menjadi pilihan tersulit, namun insha Allah ini terbaik. Aku menyerah dengan endometriosis adenomyoma. Karena (aku juga) anemia, jadi wajib transfusi (saat operasi), empat kantong darah," ceritanya dalam unggahan videonya, seperti yang brilio.net lansir dari akun TikTok @yutanama, Kamis (29/9).

Perjuangan wanita pengidap endometriosis TikTok

foto: TikTok/@yutadama20