Diketahui jika kakek tersebut merupakan penjual genjer keliling, ia menjual genjer dengan menggunakan sepeda tua miliknya. Sebelum menjual genjer, ia harus menyusuri rawa yang tak jarang dengan kondisi air laut pasang terlebih dahulu. Ia juga harus berkeliling menjajakan dagangannya dengan kondisi baju yang kotor.

Pekerjaan ini mau tak mau harus dilakukan karena desakan kebutuhan ekonomi serta sulitnya mendapat pekerjaan, terlebih lagi bapak tersebut usianya sudah tidak muda lagi.

"Sampai baju bapak kotor dan basah. Lanjut naik sepeda puluhan kilo keliling tuk bisa bertahan hidup karena cari kerja susah kata bapak," ujar pemilik video.

Penjual genjer TikTok

foto: TikTok/@yanimodeungu77

 

Sementara itu, dalam unggahannya yang lain, si pemilik akun juga sempat pergi mengunjungi rumah kakek tersebut. Muncul rasa prihatin yang langsung menusuk sanubari ketika melihat tempat tinggal si kakek yang bahkan jauh dari kata layak.

Bagaimana tidak, jalanan menuju kediamannya saja dipenuhi genangan air hingga lumpur, ditambah dengan kondisi rumahnya yang hanya dibangun seadanya dan bolong di sekeliling rumah.

"Kondisi tempat tinggal kakek penjual genjer (maaf) sangat tidak layak untuk ditempati, tanpa ada listrik juga," ujarnya.

Dalam unggahannya yang lain pula, si pemilik akun bersama teman-temannya juga memberikan sedikit bantuan keperluan rumah hingga memberikan uang kepada kakek tersebut.

Hingga kini video tersebut sudah ditonton sebanyak 1,7 juta penonton dan tak sedikit yang meninggalkan komentar.

"Langsung dipikiran saya ,..apa yg dibenak si kakek setiap hari ya dengan kondisi itu ," ujar @JoooHannn88.

"ya allah semoga di syurga nnti kakek dapetin tempat tinggal yg indah layaknya istana aamiin. btw aku suka bgt genjer," komentar dari @sunrise.

"sehat selalu ya Mbah.. mungkin didunia Mbah tak bahagia tapi di akhirat kelak Mbah akan bahagia semangat hanya doa dan support untuk Mbah ," komentar dari akun @pujirah25.

 

@yanimodeungu77

 

Semata Karenamu - Mario G Klau