Brilio.net - Masa tua adalah masa di mana para orang lanjut usia biasanya beristirahat dan menikmati masa tua dengan sedikit lebih santai. Namun, hal ini tak dilakukan oleh kakek 85 tahun asal Blitar, Jawa Timur. Mbah Yanto biasa para tetangga menyapanya. Mbah Yanto ini di masa tuanya masih berjalan keliling kota Blitar dengan berjalan kaki, meski keadaan tulang punggung sudah bungkuk. Kisah kakek ini viral dan bikin haru.

Meski dengan keadaan tulang belakang yang sudah membungkuk namun kondisi kesehatan Mbah Yanto ini terbilang masih sangat amat bugar di usia 85 tahun. Bahkan kesehatannya ini membuat penasaran para tetangga.

Kakek 85 tahun cari rezeky meski bungkuk Berbagai sumber

foto: YouTube/Muhem Official

Dilansir brilio.net dari YouTube Muhem Official pada Rabu (11/11), kisah Mbah Yanto ini dibagikan di video yang bertajuk RESEP SEHAT MBAH YANTO KAKEK TUA MENCARI REZEKY. Pada di video itu dijelaskan bahwa Mbah Yanto berasal dari desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Loading...

Dalam video yang membagikan keseharian Mbah Yanto itu, dijelaskan bahwa Mbah Yanto adalah orang yang memiliki prinsip bahwa mencari rezeki itu harus halal dan nggak boleh mencuri, karena mencuri berarti mengambil hak orang lain. Dalam mencari rezeki, Mbah Yanto mengelilingi daerah Blitar dengan berjalan kaki untuk sedikit mencari rezeki di jalanan.

Kakek 85 tahun cari rezeky meski bungkuk Berbagai sumber

foto: YouTube/Muhem Official

Setiap paginya Mbah Yanto berangkat dari rumah dengan kendaraan umum, dan setelah sampai di tujuan Mbah Yanto akan bekeliling dengan berjalan kaki. Meski dalam kondisi bungkuk, Mbah Yanto kerap membuat orang yang melihatnya bingung karena dia tampak sangat bugar.

foto: YouTube/Muhem Official

Mbah Yanto yang hidup sendiri kini tinggal bersama keponakan juga ketiga cucunya. Ya, Mbah Yanto mengucapkan dalam video bahwa dia tak memiliki istri, maka dari itu dia hanya tinggal bersama keponakannya.

“Nggak punya istri, masih perjaka. Hidup dengan ponakan, sudah punya cucu 3,” ceritanya.

Rahasia sehat Mbah Yanto sendiri diungkapkannya ada dua hal, yaitu dengan mengonsumsi jamu herbal buatannya sendiri dan yang paling penting adalah tetap melakukan ibadah solat.

“Nanti salat di rumah. Alhamdulillah masih salat terus,” ungkapnya dengan nada tutur tidak jelas.

“Jamunya jahe, madu, sama telur. Orang banyak yang heran, kamu kok sehat, mbah. Gusti Allah memberi simbah sehat," lanjutnya.

Di akhir video itu sang presenter, Adhim akhirnya mengetahui bahwa dia berniat ingin membantu Mbah Yanto dengan membagikan sedikit rezeki untuk Mbah Yanto.

“Video sosial experiment kali ini bertemu Mbah Yanto di Depan Masjid Plosokerep Blitar, beliau usianya 85 tahun dan jalannya sudah bungkuk, beliau punya slogan mencari rezeki itu yg halal jangan mencuri karena dosa dan gak berkah. Alhamdulillah kita bisa menyisihkan sedikit rezeki buat Mbah Yanto, semoga bisa bermanfaat,” tulis Muhem Official