Brilio.net - Menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, namun tugas seluruh manusia. Meskipun hingga saat ini masih belum banyak orang yang peduli kebersihan, lain halnya dengan seorang pria 42 tahun ini yang sangat peduli akan lingkungan. Adalah Pak Long, salah satu pasien kanker tulang yang memiliki kebiasaan yang bikin salut sekaligus trenyuh.

Pak Long mampu berjalan kurang lebih 10 km setiap harinya sambil memungut setiap sampah yang ditemukan olehnya. Kebiasaan baik Pak Long ini sendiri mendapat pujian dari setiap warga yang melihatnya. Pak Long dinilai memiliki hati yang baik dan jiwa yang cinta kebersihan sehingga mau berjalan kurang dengan jarak yang cukup jauh, setiap harinya, sambil memungut dan mengumpulkan sampah.

Menurut laman World of Buzz, Pak Long sendiri diketahui berprofesi sebagai tukang parkir. Namun setiap subuh sebelum berangkat bekerja, Pak Long selalu menyempatkan waktu untuk berjalan dan memungut sampah dari kediamannya sampai ke pantai Kuala Perlis, Malaysia.

Lebih lanjut, Pak Long tidak peduli bila memang ada yang menganggap dirinya aneh atau ada yang menyebutnya pemungut. Baginya, sampah yang dikumpulkan bisa menghasilkan uang tambahan merupakan berkah yang luar biasa.

kanker tulang tetap pungut sampah Berbagai sumber

Loading...

foto: worldofbuzz.com-

"Saya tidak terganggu jika orang menyebut saya orang aneh, tapi saya punya alasan sendiri untuk mengumpulkan sampah. Sampah mungkin tampak tidak berharga tapi kamu bisa mendapatkan uang dengan menjual botol bekas, kaleng dan sampah lainnya," ucapnya seperti brilio.net kutip dari World of Buzz, Rabu (28/10).

Dari hasil memungut sampah dan memisahkan sampah yang bisa menjadi uang seperti sampah botol dan kaleng, Pak Long bisa mendapatkan uang sekitar RM 203 atau setara Rp 715 ribu setiap bulannya sebagai penghasilan tambahan.

Meski Pak Long mengidap kanker tulang, Pak Long tetap melakukan kegiatan ini karena memang dirinya senang melihat lingkungan bersih, dan ketika bisa melihat lingkungan yang dilewati bersih, dia merasakan kepuasan tersendiri.

Kebiasaan baik dari Pak Long ini membuat Direktur Perlis Environment Department (DOE), Azman Shah Ismail kagum dang menghimbau setiap masyarakatnya bisa memiliki semangat juang kebersihan lingkungan seperti Pak Long.

kanker tulang tetap pungut sampah Berbagai sumber

foto: worldofbuzz.com-