1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Duh
Firda Olivia 19 Mei 2017 17:03

Ini 9 mitos aneh yang hanya ada di Korea Selatan, ada-ada aja

Ternyata nggak cuma orang Indonesia saja ya yang percaya mitos.
foto ilustrasi: dramafire

Brilio.net - Di setiap negara pasti memiliki kepercayaan atau mitos masing-masing yang sudah turun-temurun dari nenek moyang. Misalnya kalau di Indonesia, banyak orang yang percaya jika makan tidak habis maka nanti ayamnya akan cepat mati, dan lain sebagainya.

Di Korea Selatan sendiri, meski dikenal sebagai negara dengan tingkat modernitas yang tinggi setiap tahunnya. Mereka juga masih memiliki kepercayaan-kepercayaan unik dari nenek moyang mereka. Apa saja? Yuk simak di bawah ini, seperti yang dilansir brilio.net dari Koreaboo, Jumat (19/5).


1. Nggak boleh memakan makanan licin saat akan ujian.

foto: maangchi

Mereka percaya kalau ketika ujian tiba, hendaknya menghindari memakan makanan licin seperti sup rumput laut atau mi. Orang Korea percaya jika mereka memakannya, maka pengetahuan yang sudah ada di otak akan mudah 'terpeleset' dan keluar dari pikiran. Sebaliknya, mereka biasanya akan memakan makanan yang lengket seperti nasi ketan.


2. Keramas saat tahun baru.

foto: aminoapps

Masyarakat Negeri Ginseng percaya jika mereka mencuci rambut di tahun baru sama aja seperti mereka membuang atau menolak rejeki yang datang. Oleh karena itulah mereka tidak suka keramas saat tahun baru.

3. Bermimpi melihat babi.

foto: nationalgeographic

Orang Korea percaya jika mereka memimpikan seekor babi, maka hal itu bakalan membawa kesuksesan dan banyak keberuntungan di masa depan.

4. Pakai headset di tempat umum.

foto: securi.net

Kepercayaan ini muncul setelah banyaknya kasus penculikan gadis-gadis pemakai headset di ruang publik. Apalagi jika mereka yang menyusuri jalan gelap saat malam hari. Oleh karena itulah sebagian masyarakat percaya kalau memakai headset di jalanan bisa membuatmu diculik. Wah!

5. Tamu undangan pernikahan dilarang bergaun putih.

foto: dramafire

Orang Korea Selatan menganggap bahwa pamali jika tamu undangan pernikahan memakai gaun berwarna putih. Hanya pengantin wanita saja yang berhak memakai gaun putih saat itu. Hal tersebut dianggap sangat tidak sopan dan tidak menghargai pengantin wanita.

6. Nomer 4 adalah angka sial bagi mereka.

foto: ekladata

Mitos ini berasal dari China yang juga menyebar di Korea. Di mana mereka percaya kalau angka 4 adalah angka sial, serta sebagian lainnya menganggap bahwa angka 4 adalah simbol kematian.


7. Memotong kuku pada malam hari.

foto: aminoapps

Memotong kuku pada malam hari di sana sangat dilarang karena konon katanya akan ada tikus-tikus yang memakan potongan kuku tersebut dan kemudian menjelma menjadi manusia dan akan mengambil jiwamu.

8. Gembok cinta di Namsan Tower.

foto: pikmix.it

Mereka percaya bahwa kalau sepasang kekasih mendatangi dan juga memasang gembok yang sudah bertuliskan nama mereka, kemudian dikaitkan di pagar menara, dan membuang kuncinya sejauh mungkin. Maka pasangan tersebut akan abadi dan tidak akan pernah berpisah.


9. Ada tanggal khusus untuk pindahan rumah.

foto: ytimage

Ketika mereka akan pindah rumah, orang Korea percaya bahwa waktu terbaik adalah pada saat tanggal 'tanpa roh jahat'. Bahkan ada juga perusahaan jasa di sana yang menyediakan kapan tanggal-tanggal terbaik untuk pindah rumah. Mereka juga percaya kalau pindah pada saat turun hujan artinya hal tersebut bisa mendatangkan banyak rejeki.

(brl/del)

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

4 Manfaat Spons Yang Bisa Kamu Buat Dengan Mudah!
Inilah yang menjadikan spons serba guna. Spons dapat digunakan untuk membersihkan permukaan basah. Selain itu, karena permukaannya yang lembut, ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?