Brilio.net - Di setiap negara pasti memiliki kepercayaan atau mitos masing-masing yang sudah turun-temurun dari nenek moyang. Misalnya kalau di Indonesia, banyak orang yang percaya jika makan tidak habis maka nanti ayamnya akan cepat mati, dan lain sebagainya.

Di Korea Selatan sendiri, meski dikenal sebagai negara dengan tingkat modernitas yang tinggi setiap tahunnya. Mereka juga masih memiliki kepercayaan-kepercayaan unik dari nenek moyang mereka. Apa saja? Yuk simak di bawah ini, seperti yang dilansir brilio.net dari Koreaboo, Jumat (19/5).


1. Nggak boleh memakan makanan licin saat akan ujian.

mitos aneh korea © 2017 brilio.net

foto: maangchi

Mereka percaya kalau ketika ujian tiba, hendaknya menghindari memakan makanan licin seperti sup rumput laut atau mi. Orang Korea percaya jika mereka memakannya, maka pengetahuan yang sudah ada di otak akan mudah 'terpeleset' dan keluar dari pikiran. Sebaliknya, mereka biasanya akan memakan makanan yang lengket seperti nasi ketan.


2. Keramas saat tahun baru.

mitos aneh korea © 2017 brilio.net

foto: aminoapps

Masyarakat Negeri Ginseng percaya jika mereka mencuci rambut di tahun baru sama aja seperti mereka membuang atau menolak rejeki yang datang. Oleh karena itulah mereka tidak suka keramas saat tahun baru.

3. Bermimpi melihat babi.

mitos aneh korea © 2017 brilio.net

foto: nationalgeographic

Orang Korea percaya jika mereka memimpikan seekor babi, maka hal itu bakalan membawa kesuksesan dan banyak keberuntungan di masa depan.

4. Pakai headset di tempat umum.

mitos aneh korea © 2017 brilio.net

foto: securi.net

Kepercayaan ini muncul setelah banyaknya kasus penculikan gadis-gadis pemakai headset di ruang publik. Apalagi jika mereka yang menyusuri jalan gelap saat malam hari. Oleh karena itulah sebagian masyarakat percaya kalau memakai headset di jalanan bisa membuatmu diculik. Wah!

5. Tamu undangan pernikahan dilarang bergaun putih.

mitos aneh korea © 2017 brilio.net

foto: dramafire

Orang Korea Selatan menganggap bahwa pamali jika tamu undangan pernikahan memakai gaun berwarna putih. Hanya pengantin wanita saja yang berhak memakai gaun putih saat itu. Hal tersebut dianggap sangat tidak sopan dan tidak menghargai pengantin wanita.

6. Nomer 4 adalah angka sial bagi mereka.

mitos aneh korea © 2017 brilio.net

foto: ekladata

Mitos ini berasal dari China yang juga menyebar di Korea. Di mana mereka percaya kalau angka 4 adalah angka sial, serta sebagian lainnya menganggap bahwa angka 4 adalah simbol kematian.


7. Memotong kuku pada malam hari.

mitos aneh korea © 2017 brilio.net

foto: aminoapps

Memotong kuku pada malam hari di sana sangat dilarang karena konon katanya akan ada tikus-tikus yang memakan potongan kuku tersebut dan kemudian menjelma menjadi manusia dan akan mengambil jiwamu.

8. Gembok cinta di Namsan Tower.

mitos aneh korea © 2017 brilio.net

foto: pikmix.it

Mereka percaya bahwa kalau sepasang kekasih mendatangi dan juga memasang gembok yang sudah bertuliskan nama mereka, kemudian dikaitkan di pagar menara, dan membuang kuncinya sejauh mungkin. Maka pasangan tersebut akan abadi dan tidak akan pernah berpisah.


9. Ada tanggal khusus untuk pindahan rumah.

mitos aneh korea © 2017 brilio.net

foto: ytimage

Ketika mereka akan pindah rumah, orang Korea percaya bahwa waktu terbaik adalah pada saat tanggal 'tanpa roh jahat'. Bahkan ada juga perusahaan jasa di sana yang menyediakan kapan tanggal-tanggal terbaik untuk pindah rumah. Mereka juga percaya kalau pindah pada saat turun hujan artinya hal tersebut bisa mendatangkan banyak rejeki.