Brilio.net - Video iring-iringan pengantar jenazah yang diduga terjadi di Makassar ini bikin heboh dunia maya. Iring-iringan itu ugal-ugalan dan melanggar lalu lintas dengan melawan arus.

Tak cuma itu, mereka juga tak mengenakan helm saat berkendara. Parahnya lagi, iring-iringan itu bersikap arogan dengan merusak mobil pengendara lain yang berpapasan dengan mereka.

Video itu pertama kali diunggah akun Instagram @putryaprilla dikutip brilio.net, Minggu (10//12). Video itu memperlihatkan kelakuan arogan iring-iringan pengantar jenazah di jalanan.

 

A post shared by Putry Aprilla, S. Ked (@putryaprilla) on

"Barusan mobil saya sengaja di tabrak oleh motor yang sedang arak arakan mau mengantar jenazah. Lokasi di urip sumoharjo, Makassar. Korban bukan cuma mobil saya, tapi mobil di depan saya juga (mobil juke) ikut di tendang sama si pelaku. Jadi pelaku tersebut tidak menggunakan helm dan melawan arus lalulintas, spion saya sengaja ditendang sampai hancur. Kebetulan saya sedang merekam kejadian tersebut jadi ada bukti.

Bukan yang gimana gimana sih, kok saya kecewa & geram ya ada orang kaya begini. Mau nganter jenazah harus banget buru-buru? Harus banget nendang mobil orang? Saya seorang Muslim, tapi setau saya tidak ada dalil yang mengajarkan seseorang harus berlaku demikian sewaktu mengantar jenazah. Mau nganter jenazah atau mau begal orang ya?

Siapapun kalian, orang berkendara pun harus punya tatakrama ya, gabisa asal-asalan bikin aturan semaunya begitu. Bikin jalanan aja sendiri mas kalo emang gabisa ikutin aturan yang ada. Saya bener bener pengen tindak lanjuti orang orang yang seperti ini. Sangat sangat sangat merugikan orang lain," tulis akun @putryaprilla.

mobil dirusak istimewa

Video itu juga diposting ulang akun @polantasindonesia. Tak pelak netizen ikut berkomentar dari berbagai hal soal peristiwa tersebut.

 

Barusan mobil saya sengaja di tabrak oleh motor yang sedang arak arakan mau mengantar jenazah. Lokasi di urip sumoharjo, Makassar. Korban bukan cuma mobil saya, tapi mobil di depan saya juga (mobil juke) ikut di tendang sama si pelaku. Jadi pelaku tersebut tidak menggunakan helm dan melawan arus lalulintas, spion saya sengaja ditendang sampai hancur. Kebetulan saya sedang merekam kejadian tersebut jadi ada bukti. Bukan yang gimana gimana sih, kok saya kecewa & geram ya ada orang kaya begini. Mau nganter jenazah harus banget buru-buru? Harus banget nendang mobil orang? Saya seorang Muslim, tapi setau saya tidak ada dalil yang mengajarkan seseorang harus berlaku demikian sewaktu mengantar jenazah. Mau nganter jenazah atau mau begal orang ya? . . Siapapun kalian, orang berkendara pun harus punya tatakrama ya, gabisa asal-asalan bikin aturan semaunya begitu. . . Bikin jalanan aja sendiri mas kalo emang gabisa ikutin aturan yang ada. . Saya bener bener pengen tindak lanjuti orang orang yang seperti ini. Sangat sangat sangat merugikan orang lain. | @putryaprilla

A post shared by POLISI LALU LINTAS INDONESIA (@polantasindonesia) on

"Bener mba. Di kota makassar iringan jenazahnya memang kayak gitu. Saya aja orang makassar nggak membenarkan hal tsb. Seumur2 iringan jenazag yang saya liat langsung nggak pernah ada yang bener. Pernah ya mobil saya di pukul pakai kayu pengikat bendera putihnya padahal saya sudah dipinggir. Pernah juga mobil saya ditendang pas berusaha minggir dari jalan dikarenakan ada iringan jenazah dibelakang mobil. Bayangkan ambulance nya masih ratusan meter dibelakang pengantarnya dah nendang2 mobil jauh didepan. Padahal kan di jalanan raya yang padat nggak bisa tuh kita langsung minggir gitu aja. Anggap aja mobil kita mau langsung dipinggirin mobil lain disebelah kita blm tentu geraknya cepet tergantung situasi jalanan. Intinya pengendara motor yang nendang spion mba ini memang udah kelewat batas," komentar akun @desya_mars.

"Laporkan ke polisi ..yg berhak mengawal di jalanan adalah satlantas..bukan manusia seperti video tersebut..biar hukum yg berbicara...ntar klo dah ditangkap...tadi yang sok sok an pasti tiba tiba jadi seperti b#nc#," timpal akun @arifinta_tarigan.

Diketahui, Undang Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah mengatur kendaraan-kendaraan yang diprioritaskan di jalanan. Salah satunya Pasal 134 butir (f) adalah iring-iringan pengantar jenazah. Namun, meski dapat prioritas tak selayaknya berbuat arogan terhadap pengguna jalan lainnya.