×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Gara-gara salah pakai krim kulit, nasib wanita ini berakhir tragis

View Image

0

BRILIO » Duh

Gara-gara salah pakai krim kulit, nasib wanita ini berakhir tragis

Sudah pernah koma 23 jam dan sampai berobat pada 100 dokter.

05 / 10 / 2018 02:01

Brilio.net - Ezcema ialah penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kering, inflamasi, dan lazimnya akan muncul bercak merah di area kulit. Penyakit ini biasanya muncul karena pengaruh genetik dan akan merasakan rasa gatal di kulitnya.

Salah satu cara pengobatan penderita ezcema ialah menggunakan krim khusus. Namun dalam menggunakan krim perlu berhati-hati ya. Sebab seorang wanita mengalami nasib naas akibat krim untuk ezcema. Wanita bernama Nina Ajdin (28) mengalami kerontokan rambut dan kulitnya melepuh.

Dilansir brilio.net dari thesun.co.uk, Kamis (5/10), awalnya wanita dari Illinois, Amerika Serikat, ini memakai krim kortikosteroid topikal alias krim steroid untuk mengobati penyakit ezcemanya. Pada awal pemakaian, krim tersebut dapat meredakan kulitnya yang meradang hingga berwarna merah.

Kulit bersisiknya juga sedikit hilang. Namun tak beberapa lama, ia mengalami symptom Topical Steroid Withdrawal (TSW) yakni efek samping dari pemakaian krim steroid.

Gejala tersebut terus berlanjut enam tahun lamanya. Bahkan Nina Ajdin pernah koma selama 23 jam karena kondisi kulitnya itu. Ia mengaku telah mengunjungi 100 dokter untuk meminta pengobatan. Namun para dokter gagal mendiagnosa kelainan pada kulitnya, bahkan menyuruhnya terus memakai krim steroid tersebut.

Loading...

Nina Ajdin terus memakai krim steroid tersebut. Alhasil ia mengalami luka bakar tingkat tiga di sekujur tubuhnya. Luka tersebut membuatnya tidak bisa berjalan, makan atau memakai baju sendiri.

Kulit Nina Ajdin yang terbakar dan tampak melepuh mengeluarkan bau aneh. Lama-kelamaan, tidak hanya kulitnya yang menjadi semakin parah. Seluruh rambutnya rontok dan ia menjadi botak. Bahkan kulitnya mengeluarkan cairan, sehingga ia harus tidur beralaskan handuk.

Kondisi buruknya ini membuat Nina Ajdin mengasingkan diri. Namun ia tidak tahan lagi dengan rasa stresnya. Dengan menguatkan diri, ia mencoba kembali ke kehidupan normal meskipun kulitnya tidak seperti orang kebanyakan.

Berikut kondisi Nina Ajdin sebelum dan sesudah memakai krim steroid tersebut.

1. Symptom Topical Steroid Withdrawal (TSW) meninggalkan bercak merah pada kulit.

salah pakai krim steroid © thesun.co.uk

2. Kortikosteroid topikal umumnya hanya diresepkan ketika pasien telah gagal untuk merespon perawatan kulit eksim yang konsisten, termasuk penggunaan pelembap secara teratur.

salah pakai krim steroid © thesun.co.uk

3. Cara mengobati kelainan kulit dampak pemakaian krim steroid ialah menghentikan pemakaian. Namun hingga saat ini belum diketahui cara ampuh untuk mengembalikan kulit menjadi normal.

salah pakai krim steroid © thesun.co.uk





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more