Brilio.net - Penemuan ular dengan ukuran besar memang sering terjadi di daerah pelosok Indonesia. Hewan melata yang hidupnya sering bersembunyi di semak-semak ataupun menyatu dengan dahan pohon membuat kehadirannya tak bisa terlihat begitu saja.

Belum lama ini dilakukan penangkapan ular raksasa sepanjang tujuh meter oleh warga Pariaman, Sumatera Barat. Aksi penangkapan ini direkam oleh akun Facebook Ronal Efendi Coto.

Warga yang awalnya sedang mencari belut di kali dikagetkan dengan 'batang kayu tua' yang bergerak. Ya, benda yang dikira batang kayu tersebut ternyata ular sanca raksasa.

Dalam video itu terlihat bahwa beberapa pria ini langsung panik. Mereka berteriak saling bersautan mencari cara bagaimana mengamankan ular sepanjang tujuh meter tersebut. Dalam aksi penangkapan ini warga dibuat kesulitan karena ular sanca tersebut memberontak dan melilitkan kepalanya ke bagian dalam tubuhnya.

ular raksasa 7 meter © Facebook/ronal.e.coto

foto: Facebook/ronal.e.coto

Namun setelah beberapa menit bergulat, kelima warga tersebut akhirnya berhasil menangkap dan mengamankan ular raksasa tersebut. Meski berpotensi membahayakan orang, namun ular tersebut tidak lantas dibunuh oleh warga setempat.

Dalam postingan terpisah Ronal memperlihatkan video siaran langsung bahwa ular sanca tersebut diamankan warga di kandang besar. Terlihat di dalam kandang yang dibuat dari kayu dan jaring-jaring kawat ini masih hidup dan kadang bergerak-gerak. Usut punya usut, warga sudah menghubungi kebun binatang Pariaman. Namun kebun binatang tersebut menolak menampungnya karena sudah kelebihan hewan penghuni.

ular raksasa 7 meter © Facebook/ronal.e.coto

foto: Facebook/ronal.e.coto

Postingan Ronal ini kemudian viral di Facebook. Video berdurasi 10 menit lebih ini telah disaksikan lebih dari 850 ribu kali. Sedangkan postingannya telah dibagikan oleh 10 ribu akun warganet.

Berikut ini video lengkap detik-detik penangkapan ular sanca raksasa sepanjang tujuh meter tersebut.