Brilio.net - Kecanggihan teknologi memang sangat membantu kehidupan manusia. Namun sebagai pemakai juga perlu mengerti betul cara pakai dan juga akibatnya. Sebab banyak sekali penipuan yang menyasar kepada orang-orang yang gagap teknologi alias nggak ngerti betul cara memakai sebuah teknologi. Biasanya sih, korbannya orangtua.

Belum lama ini viral video yang merekam detik-detik seorang driver ojek online paruh baya yang nyaris ditipu. Tipuan tersebut sebenarnya menggunakan trik lawas. Si penipu mengaku dari perusahaan ojek sang driver dan memintanya untuk top up sejumlah uang. Namun arahannya top up itu menuju ke nomor si penipu.

Video tersebut diunggah oleh akun @gojek24jam belum lama ini. Seorang driver ojek online terlihat sedang berada di depan mesin ATM di sebuah mini market sambil menelepon. Tampaknya driver ini diarahkan untuk top up sejumlah uang tapi ke nomor si penipu. Orang yang menelepon itu mengaku dari pihak perusahaan ojek online.

Beruntungnya driver ojek online ini masih diselamatkan oleh kasir mini market itu. Seorang kasir perempuan pelan-pelan menghampiri driver ini sambil menepuk pundaknya. Perempuan itu memberi tanda 'X' melalui tangannya. Menandakan jangan diteruskan telepon itu.

"Min ada driver gojek hampir aja kena tipu di hipnotis kayanya ngaku"nya dari pihak gojek minta top up gopay.
.
Awalnya di kasih tau marah" gt nah pas mau masukin nomor kita kasih tau aja itu bukan dari pihak gojek tapi penipuan, nah disitu dia langsung matiin hp nya dan linglung," tulis akun @gojek24jam, seperti dilansir brilio.net pada Rabu (22/1).

Akhirnya driver ojek online ini tersadar. Ia pun menanyakan kepada si penelepon apakah benar dari perusahaan ojek online. Meski si penipu mengaku dari perusahaan, namun lagi-lagi kasir perempuan ini memberi tanda 'X' kepada driver itu. Sampai akhirnya telepon itu ditutup oleh sang driver.

 



"Lokasi indomaret Raffles Hill
Kejadian Jam 12.30 Wib
Mau mengingatkan aja ke yg lain min agar lebih berhati" soalnya disini udh 2x kejadian," lanjut akun @gojek24jam.

Peristiwa ini disebutkan terjadi di sebuah mini market di kawasan Raffles Hills, Depok, Jawa Barat. Kemudian kasir tersebut menjelaskan kepada driver kalau itu penipuan. Kejadian tersebut diungkap tak cuma terjadi sekali. Melainkan sudah seringkali terjadi.

Usai diunggah beberapa waktu lalu, video tersebut cukup jadi sorotan warganet. Hingga kini video itu telah ditonton lebih dari 300 ribu kali. Sementara itu cuitannya telah di-retweet lebih dari 11 ribu kali. Banyak warganet yang mengaku miris. Ternyata penipuan seperti ini masih belum disadari oleh banyak orang.

"Malaikat sedang menyamar jadi mbak indomaret," kata akun @hendralm.

"Alhamdulillah banyak org baik yg menyadarkan bapaknya," tulis akun @caebooba.

"Nah gituu saling mengingatkan satu sma lain, klo ada sesuatu yg mencurigakann disekitar kita," ujar akun @buleeehawks.