Brilio.net - Bagi para fans K-Pop, salah satu kegemaran yang sering dilakukan selain menonton dan mendengarkan lagu-lagu idolanya adalah mengoleksi merchandise. Merchandise tersebut biasanya dirilis oleh perusahaan promotor yang juga turut mengorbitkan grup idol tersebut.

Merchandise K-Pop bisa bermacam-macam. Ada yang berupa photocard, poster, buku harian, kaos, atau foto album.

remaja asal Filipina curi uang untuk beli merch kpop YouTube

remaja asal Filipina curi uang untuk beli merch kpop
YouTube/GMA Public Affairs

Photocard menjadi salah satu barang dagangan paling populer di kalangan Kpopers. Merchandise ini juga merupakan salah satu barang yang disediakan dalam bentuk album artis. Kegemaran membeli merchandise K-pop ini juga yang menjadikan para Kpopers gemar untuk mengoleksi, mengumpulkan, dan memperdagangkan kartu foto unik tersebut.

Luar biasanya, ternyata ada beberapa merchandise yang harganya hingga puluhan juta rupiah. Umumnya, para Kpopers membeli merchandise dari uang saku yang mereka dapatkan dari orang tua, atau uang hasil dari kerja paruh waktu.

remaja asal Filipina curi uang untuk beli merch kpop YouTube

remaja asal Filipina curi uang untuk beli merch kpop
YouTube/GMA Public Affairs

Namun, sebuah kasus tidak biasa terjadi pada seorang gadis remaja asal Filipina. Demi bisa membeli berbagai merchandise dari idol pujaannya, dirinya nekat telah mencuri uang sebesar 2 juta peso Filipina atau senilai Rp 559 juta.