Lewat akun TikTok @nurnnyas, wanita tersebut bercerita jika ia menggunakan produk bermerkuri sejak tahun 2012. Hasilnya diawal pemakaian, kulit menjadi mulus dan glowing.

Hingga pada akhir tahun 2015, wajah Nur mulai muncul flek. Pada awalnya ia mengira jika flek tersebut disebabkan karena seringnya terpapar sinar matahari. Mengingat dirinya merupakan pekerja lapangan.

"jadi 2015 aku masih pakai krim itu, tapi di akhir tahun tuh kayak muncul kayak flek-flek gitu, aku pikir tuh akibat karena kena sinar matahari aja, karena kan emang aku kerjanya di lapangan," ujar Nur dikutip brilio.net pada Senin (29/5).

Namun, flek tersebut tidak mau hilang meski sudah menggunakan krim yang biasanya dipakai. Merasa ada yang tidak beres, Nur pun memutuskan untuk memberhentikan pemakaian.

"tapi kok lama-lama nggak mau hilang, aku pakai krim itu," ungkapnya.

Curhat wanita pakai krim merkuri © berbagai sumber

foto: TikTok/@nurnnyas

Setelah mencoba berhenti, ternyata flek tersebut justru semakin melebar. Hingga pada akhirnya di tahun 2017, flek tersebut sudah melebar ke seluruh wajah. Wajah Nur yang awalnya putih mulus pun kini berubah menjadi gosong.

Minimnya pengetahuan tentang penggunaan skincare membuat Nur harus menerima kenyataan kondisi wajahnya yang kini menjadi gosong. Nur pun menyadari jika dirinya telah menggunakan produk krim yang mengandung merkuri tinggi.

Ditambah ia juga kerap terpapar sinar matahari tanpa menggunakan sunscreen. Hal itulah yang memperparah kondisi wajahnya.

"Salahnya aku adalah pada saat pakai itu kerjanya kan di lapangan, suka panas-panasan, nah aku nggak pakai sunscreen dan cuman pakai krim siang," terang Nur.

"Aku pikir tuh ya udah nggak masalah kan, namanya dulu nggak ngerti namanya sunscreen, nggak boleh begini, nggak boleh begitu," tambahnya.

Curhat wanita pakai krim merkuri © berbagai sumber

foto: TikTok/@nurnnyas

Kini, Nur pun tengah berjuang untuk mengembalikan kondisi wajahnya. Berbagai cara ia lakukan mulai dari perawatan dengan dokter kulit hingga menggunakan berbagai skincare yang aman dan tentunya sudah terdaftar di BPOM.

@nurnnyas Membalas @s maksih ya semangat dan doanya #flek #pejuangkulitsehat #melasma #okronosis #fyp Somewhere Only We Know