Brilio.net - Kesehatan menjadi sesuatu yang berharga bagi manusia. Meskipun wujudnya tak terlihat secara langsung, namun kesehatan yang baik memberikan kenyamanan dan kebaikan pada tubuh seseorang.

Untuk mendapatkan hal itu kamu perlu merawat kesehatan diri baik dari luar maupun dalam. Tak hanya mengonsumsi makanan yang sehat, kamu juga perlu berhati-hati dengan apa yang masuk ke dalam tubuhmu. Karena secara sadar ataupun tidak, bisa jadi ada benda membahayakan yang bisa masuk ke dalam mulut dan membahayakan bagi tubuh.

Kondisi ini terjadi pada seorang wanita dari negara China. Dilansir brilio.net pada Kamis (23/4) dari odditycentral.com, wanita berusia 22 tahun yang tidak mau disebut namanya itu tak sadar bahwa ia sudah menelan tulang ayam selama 14 tahun. Mungkin hal ini terlihat sepele untuk kamu, tapi sayangnya kejadian itu membuatnya batuk terus-menerus.

Kondisi yang membuatnya tidak nyaman itu, pada awalnya tidak ia ketahui penyebabnya. Selama 14 tahun ia melakukan berbagai pemeriksaan untuk mencari tahu penyebab ia batuk terus-menerus.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Tersedak tulang © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Wanita yang berasal dari Tiongkok itu mengaku merasakan gejala batuknya berawal sejak ia berusia sekitar 7 tahun. Tak ingin diam, ia melakukan kunjungan ke berbagai rumah sakit. Namun sayangnya tidak ada yang bisa menemukan kejanggalan yang menyebabkan batuknya tidak terkendali.

Meski begitu tak membuat wanita muda ini pantang menyerah, ia terus mencari bantuan medis. Bahkan ia sempat beberapa kali mendapat diagnosis salah untuk masalah kesehatannya. Sehingga bertahun-tahun menggunakan antibiotik pun tidak membuat kondisi tubuhnya membaik.

Namun usaha wanita ini berbuah hasil, ia seakan menemukan takdirnya tanpa sengaja. Ketika ia memutuskan menjalani operasi untuk hiperhidrosis (keringat berlebih), rupanya sang dokter memerlukan beberapa tes untuk memastikan kondisi tubuhnya.

Pada tahap itulah, permasalahan pernapasannya muncul dan membuat sang dokter, Wang Jiyong, memerintahkan untuk melakukan CT scan. Dalam proses pemindaian itu terungkap bahwa adanya benda asing yang bersarang di paru-paru kanan wanita itu.

Tersedak tulang © 2020 brilio.net

foto: Asia Wire

Seorang ahli bedah bernama Yang Ming, memutuskan untuk melakukan bronchoscopy untuk mengidentifikasi lebih lanjut. Selama 30 menit, prosedur yang melibatkan tabung dengan kamera kecil di ujungnya itu menelusuri paru-paru sang pasien.

Ternyata Dr Ming berhasil menemukan potongan ayam dengan panjang sekitar 2 cm. Mendengar temuan sang dokter, wanita itu merasa kaget dengan kondisi tubuhnya. Namun sang dokter menduga hal ini bisa terjadi karena ketidaksengajaan ketika ia kecil dan menyebabkan wanita itu batuk tanpa henti.

(brl/gib)