Brilio.net - Mencari pekerjaan di Indonesia menjadi tantangan buat anak-anak muda masa kini. Tingginya angka pengangguran, terutama di kalangan lulusan baru, menggambarkan ketatnya persaingan di pasar kerja. Di sisi lain, tidak banyak lowongan kerja yang dipublikasikan, pun tak selalu sesuai dengan kemampuan.

Nggak sedikit anak-anak muda beralih mencari pekerjaan apa saja yang penting pengusaha bisa menerima mereka. Asal bisa kerja dan digaji, kerja apapun nggak masalah lagi. Saat ini, nggak sedikit para pencari kerja yang berpikir seperti itu. Entah apapun profesinya, selama pekerjaan yang dijalani halal, tak masalah buat mereka.

Maka dari itu, setiap lowongan dibuka, para pencari kerja akan berbondong-bondong melamar. Seperti yang terjadi baru-baru ini pada sebuah pabrik kosmetik. Momen para pencari kerja berbondong-bondong memasukkan amplop lamaran diunggah oleh akun TikTok @tamaraa2202.

bukti cari kerja susah © 2024 TikTok

foto: TikTok/@tamaraa2202

"Aku mau cari calo amanah, kamu ikut enggak?" tulis @tamaraa2202.

Caption dalam video tersebut menjadi ironi karena tak sedikit para pencari kerja mengandalkan calo. Selain itu nggak sedikit yang mendapatkan pekerjaan lewat jalur "orang dalam".

Video tersebut menunjukkan lautan para pencari kerja yang berdesakkan. Mereka terlihat mengangkat amplop berisi dokumen untuk melamar kerja di pabrik tersebut. Berdasarkan penuturan pemilik video, pabrik tersebut hanya menerima 100 karyawan saja.

bukti cari kerja susah © 2024 TikTok

foto: TikTok/@tamaraa2202

"Katanya kota cuma 100, banyak yang pulang," kata @tamaraa2202.

Warganet mengaku bersimpati dengan para pencari kerja yang berdesakkan untuk melamar kerja. Ada pula yang mempertanyakan tipe wawancara sampai bikin berdesakan-desakkan seperti itu.

"Agak heran 2024 masih ada loker yg interviewnya begini," kata @hallogwp13.

"Inilah keadaan real para pencari kerja dinegri ini," kata @msprxx.

"Kan ada kirim via email ya, knpa harus datang ditempat gitu?" kata @ryan_zhuang_.

"Secapek Capeknya Kerja Lebih Enak Daripada Ketimbang Cari Kerjaan Dinegara Sendiri Itu Sulit Banget Harus Via Orang Dalam Sama Uang Admine Salam Kartap PT Sai Tetap Semangat Pejuang Amplop Coklat," tulis @prakasa1927.

"Info loker udah nganggue 2 minggu ini," kata @saragisajo.

@tamaraa2202

 

suara asli - sadewok