Brilio.net - Tidak semua tindak pidana berujung pada bui atau penjara. Ada beberapa jalan yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan di luar pengadilan dengan berdasarkan prinsip keadilan restoratif.

Menurut hukumonline, program keadilan restoratif adalah penyelesaian perkara dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku/korban, dan pihak lain yang terkait untuk sama-sama mencari penyelesaian yang adil dengan menekankan pemulihan kembali pada keadaan semula dan bukan pembalasan.

Pada prinsipnya keadilan restoratif dilakukan dengan pemenuhan rasa keadilan yang melibatkan sejumlah pihak sebagai mediator, serta penyelesaian perkara dengan perdamaian dan pencabutan hak menuntut kepada pelaku.

korban pencurian ini beri balasan © 2021 TikTok

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: TikTok/@widiaaaaw

Hal itu terekam dalam video TikTok yang satu ini. Menyadur dari akun TikTok @widiaaaaw, Minggu (5/12), sebuah video memperlihatkan momen haru antara pelaku pencurian motor dan korban yang berdamai melalui program keadilan restoratif.

Menurut informasi yang didapat dari akun tersebut, pelaku yang tak diketahui identitasnya itu kedapatan mencuri sepeda motor milik seorang pria. Saat diselidiki, rupanya ia mencuri motor korban dengan alasan mencari uang untuk ongkos pulang kampung.

korban pencurian ini beri balasan © 2021 TikTok

foto: TikTok/@widiaaaaw

"Jadi si abang itu maling motor si bapak dgn alasan buat ongkos pulang kampung, setelah bapak tau alasan itu bener," tulis akun @Padekhiel.

Korban yang mengetahui alasan tersebut melalui pihak Kejaksaan Negeri Musi Banyuasin, Sumatera Selatan akhirnya memaafkan dan berdamai dengan pelaku, perkara pun tidak sampai naik ke peradilan.

Namun bukan hanya perdamaian antara kedua belah pihak saja yang mencuri perhatian, tapi juga sikap dari korban yang menggugah hati warganet. Bagaimana tidak? Dalam video tersebut, korban juga memberikan satu stel baju dan sandal kepada sang pelaku.

korban pencurian ini beri balasan © 2021 TikTok

foto: TikTok/@widiaaaaw

Bahkan ketika pelaku hendak meminta maaf dengan mencium kaki sang korban, pria tersebut enggan dan langsung mengangkat tubuh pelaku untuk berdiri.

Video yang diunggah Jumat (3/12) itu berhasil mencuri perhatian warganet. Mereka takjub dengan kebaikan dan sikap mulia dari pemilik motor yang dicuri itu.

"bapak yang dimaling motornya kaya raya banget yaaa....kaya hati. GK cuma memaafkan tp juga memanusiakan manusia," tulis akun @annisamember.msglow.

"ini baru benar, penegak hukum mmberi peluang keadilan utk rakyat kecil. buat Bapak trmksh sdh memaafkan," kata @SyamAhra.

"Bapaknya yg memaafkan MasyaAlloh, dari raut wajahnya sudah keliatan bpk orang baik," tandas @Diana_subardi.

"nangis ya Allah salut sama bapa yg punya motor dia mau memaafkan, bapak panjang umur y pak," kata warganet lainnya.

@widiaaaaw Sisa Rasa - Mahalini

(brl/tin)