Brilio.net - Masjid Raya Al Jabbar diketahui baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Jumat (20/12) lalu. Masjid ini terletak di Jalan Cimincrang nomor 14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage atau timur Kota Bandung.

Masjid yang disebut terbesar di Provinsi Jawa Barat ini memang dibangun di atas lahan seluas 25,9 hektar dengan arsitektur megah yang mengusung filosofi Asmaul Husna Al Jabbar seperti namanya. Selain ruang untuk salat, Masjid Raya Al Jabbar ini menyediakan fasilitas manasik haji, penginapan, perpustakaan, ruang pertemuan, hingga museum.

Dalam pembangunannya Masjid Raya Al Jabbar ini menelan biaya hingga Rp 1 triliun. Maka tak heran, jika selesai diresmikan, masyarakat berbondong-bondong memenuhi Masjid yang didesain langsung oleh Ridwan Kamil itu. Bukan hanya untuk beribadah, namun, tak sedikit yang memanfaatkannya sebagai destinasi liburan dan wisata.

penampakan Masjid Raya Al Jabbar ramai pengunjung © 2022 berbagai sumber

foto: TikTok/@ridwankamil.official

Akan tetapi, saking ramainya pengunjung Masjid Al Jabbar, banyak orang yang salah memanfaatkan fasilitas yang ada di masjid tersebut. Pasalnya, baru-baru ini Masjid Raya Al Jabbar berubah fungsi.

Kolam yang ada di kawasan Masjid Raya Al Jabbar ini dijadikan tempat bermain air oleh pengunjung bak waterboom. Dilansir dari akun TikTok @kelpshaakeee, memperlihatkan banyak anak kecil yang berenang di halaman masjid Raya Al Jabbar. Selain itu, tak sedikit pengunjung yang membuang sampah sembarangan di sekitar lokasi masjid.

"ada aja nih warga konoha #masjidagungaljabbar," tulisnya, dikutip brilio.net dari TikTok @kelpshaakeee pada Senin (2/1).

"Ini masjid atau waterboom sihh??," sambungnya dalam keterangan video.

penampakan Masjid Raya Al Jabbar ramai pengunjung © 2022 berbagai sumber

foto: TikTok/@kelpshaakeee