Brilio.net - Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada malam pergantian tahun 2019 ke 2020 terjadi hingga Rabu pagi hari (1/1). Akibat hujan tersebut, kawasan Ibukota terendam banjir di berbagai titik. Luapan air yang tak terbendung membuat pemukiman warga pun terkena dampaknya.

Ruas jalan di berbagai titik di Jakarta pun harus ditutup karena kondisi yang tidak memungkinkan. Beberapa jalur pun dialihkan ke jalur yang lebih aman dari genangan air. Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya pun turun ke jalan dan melaporkan langsung kondisi sejumlah titik.

Tak hanya melanda pemukiman warga, banjir juga membuat pusat sarana transportasi lumpuh. Halte, stasiun, hingga bandar udara terkena dampaknya. Seperti yang dilaporkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), runway kawasan Bandar Udara Halim Perdanakusuma lumpuh total. Hal ini mengharuskan 10 pesawat mendarat di Bandar Udara Soekarno Hatta.

Berikut ini brilio.net kumpulkan beberapa potret banjir Jakarta di sejumlah pusat sarana transportasi, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (1/1).

1. Kondisi runway landasan Bandara Halim Perdanakusuma yang terendam banjir.

Loading...

2. Situasi Layang Halim Jakarta Timur pukul 10.35, dilaporkan oleh AKBP Dermawan Karosekali.

3. Genangan air di bawah kolong tol setinggi 90 cm dari arah pasar darurat Cengkareng menuju rumah sakit Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

4. TMC Polda Metro Jaya tampak beroperasi mengatur lalu lintas Tol Dalam Kota Cawang arah Cikampek.

kondisi banjir di pusat transportasi  Istimewa

foto: Twitter/@TMCPoldaMetro

5. Kolong Tol JORR Meruya Jl. Meruya Selatan Kembangan Jakarta Barat, sementara tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraan bermotor, diupdate pada pukul 12:46 WIB dengan ketinggian banjir 50-150 cm.

6. Banjir depan Perumahan Vila Tol Jatibening, sementara tidak bisa dlintasi semua jenis kendaraan. Pada pukul 12:54 WIB ketinggian banjir mencapai 50-70 cm.

7. Peron 5 dan 6 di Stasiun Tanah Abang ikut terendam banjir.

"Perjalanan KA rute Rangkasbitung, Maja, Parung Panjang-Tanah Abang, perjalanan hanya sampai Stasiun Sudimara," tulis akun Twitter resmi @CommuterLine, Jakarta, Rabu (1/1), dilansir Merdeka.

kondisi banjir di pusat transportasi  Istimewa

foto: Merdeka

8. Jalur kereta di stasiun Tanah Abang lumpuh. Terlihat petugas mencoba mengurangi genangan air dengan alat seadanya.

kondisi banjir di pusat transportasi  Istimewa

foto: liputan6

9. Akibat banjir, calon penumpang kereta di stasiun Tanah Abang harus menunggu di tengah genangan air.

kondisi banjir di pusat transportasi  Istimewa

foto: liputan6

10. Lalu lintas menuju Bandara Soekarno Hatta via perimeter selatan ditutup. Hal ini dikarenakan genangan air mencapai 50-60 cm.

kondisi banjir di pusat transportasi  Istimewa

foto: Twitter/@polres_soetta

11. Keadaan halte Cawang Uki yang terendam banjir. Sebuah motor tenggelam di Jalan Di Panjaitan dekat Halte Transjakarta Cawang Soetoyo yang banjir, Jakarta, Rabu (1/1).

kondisi banjir di pusat transportasi  Istimewa

foto: liputan6