Brilio.net - Salah satu penyebab dari pencemaran lingkungan yang paling sering ditemukan adalah sampah. Khususnya sampah plastik yang sulit diuraikan dan menjadi masalah bersama. Hal itu disebabkan oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Mereka membuang sampah di sembarang tempat, misalnya saja ke sungai.

Hal itulah yang menyebabkan pencemaran lingkungan tidak dapat dibendung. Kondisi sungai pun menjadi keruh dan berbau tidak sedap. Air sungai juga akhirnya tidak bisa digunakan untuk kebutuhan manusia. Tapi untungnya masih ada segelintir orang yang masih peduli dengan masalah ini, seperti yang dilakukan oleh pria asal Indiranagar, Nashik, India.

Kisah pria bernama Chandra Kishore Patil dalam menjaga kebersihan sungai Godavari mencuri perhatian publik, setelah petugas IFS Swetha Boddu mengunggahnya di laman Twitter. Dalam postingan tersebut, Swetha Boddu menjelaskan bahwa pria ini rela berdiri seharian di jembatan sungai Godavari, demi mencegah warga membuang sampah sembarangan.

Postingan akun Twitter @swethaboddu juga memperlihatkan foto Patil yang berdiri sigap dengan tumpukkan kantong sampah yang tersusun rapi di belakang.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Saya melihat pria ini berdiri di jalan ini sepanjang hari dengan peluit di tangan untuk menghentikan orang-orang membuang Dussehra ‘sampah suci’ dalam kantong plastik ke Godavari, Nashik," tulis Swetha dalam unggahannya.

Brilio.net melansir Hindustantimes, pada Rabu (11/11), rupanya Patil merupakan warga yang tinggal di dekat sungai tersebut. Ia merasa semakin lama air sungai menjadi kotor sebab banyak orang yang membuat sampah ke sungai Godavari setelah perayaan.

pria berdiri seharian di pinggir sungai © Twitter

foto: Twitter/@swethaboddu

Akibatnya Patil memutuskan untuk mengambil sikap tegas untuk menghentikan orang-orang mencemari sungai. Dia pun berdiri di sungai dari pagi hingga malam demi mencegah orang buang sampah sembarangan. Aksi ini sudah ia lakukan selama kurun waktu lima tahun.

"Saya telah melakukan ini setiap tahun sejak lima tahun yang lalu, dan akan terus melakukannya hingga kesehatan saya tidak memungkinkan lagi," jelas Patil, seperti yang dikutip brilio.net pada sumber yang sama.

Patil mulai berdiri di pinggir sungai sejak pagi hingga jam 11 malam. Sesekali patil mendapatkan perlakukan kasar dari orang-orang yang hendak membuang sampah ke sungai. Namun hal itu tak lantas membuat Patil takut, dia tetap menegur mereka dengan baik.

pria berdiri seharian di pinggir sungai © Twitter

foto: Twitter/@swethaboddu

Patil bahkan punya cara unik untuk menyadarkan warga lainnya. Yaitu dengan mengisi botol dengan air sungai yang tercemar itu, dan menyuruh mereka menghirup bau dari air di botol tersebut. Sebuah cara tak biasa untuk menyadarkan orang yang sering membuat sampah sembarangan.

Aksi salut pria asal India ini pun langsung mencuri perhatian warganet. Postingan milik akun @swethaboddu bahkan sudah di-likes lebih dari 1,4 juta pengguna Twitter. Mereka menanggapi aksi Patil dengan berbagai respons positif.

"Bangga dan senang punya masyarakat yang seperti ini," tulis @Advaitshelke4

"Kita harus mengapresiasi perjuangannya," sambung @AD_anandswami.

"Dia inspirasi sesungguhnya," sahut @ANKUSHJAGGI8.

(brl/lin)