Brilio.net - Pemasangan kawat gigi umumnya dilakukan oleh ortodontis, yaitu dokter gigi yang telah menjalani pelatihan khusus dalam melakukan pengencangan dan perataan deretan gigi. Untuk itu, tak sembarang orang bisa melakukannya karena perlu keahlian khusus untuk bisa melakukan prosedur ini.

Namun sebuah video proses pemasangan kawat gigi yang viral di kalangan netizen Facebook di Thailand ini pasti akan membuatmu terkejut. Pasalnya, video tersebut menunjukkan seorang bocah laki-laki yang melakukan prosedur pemasangan kawat gigi, bukan dokter gigi.

Bahkan, bocah itu memasang kawat gigi ke 2 temannya sekaligus dan meminta bayaran atas jasanya tersebut. Sontak, video ini langsung menuai banyak kritikan dari netizen Thailand.

Tak sedikit netizen yang meminta orang tua dari anak laki-laki tersebut untuk segera melakukan tindakan. Selain itu, netizen juga meragukan kebersihan saat anak ini memasang kawat gigi. Jika ia melakukan prosedur tersebut secara tak higienis, maka kedua temannya yang menjadi pasien bisa terkena infeksi parah.

Menurut informasi yang dikutip brilio.net dari Worldofbuzz, Jumat (16/6), ternyata di Thailand menggunakan kawat gigi sedang menjadi tren di kalangan anak-anak. Sayangnya, tren ini tidak dibarengi dengan pemahaman akan prosedur pemasangan kawat gigi yang benar. Bahkan, ditemukan banyak anak yang mencari kawat gigi di toko alat tulis.

"Saya bekerja di toko alat tulis dan anak-anak yang datang selalu bertanya kepada saya, bisakah saya memasang kawat gigi?" kata seorang penjaga toko alat tulis.

Selain bisa dibeli di toko alat tulis, kawat gigi yang dipasang oleh bocah ini ternyata bisa dengan mudah dibeli oleh siapa pun secara online, tanpa memandang profesi. Netizen pun meminta pihak terkait untuk menyelidiki atau menangkap distributor online sebelum banyak anak-anak yang mengalami infeksi parah akibat pemasangan gigi yang tak sesuai prosedur medis.

Dan berikut videonya: