Brilio.net - Pendidikan menjadi salah satu hak bagi warga Indonesia. Namun terkadang bagi sebagian masyarakat Tanah Air, untuk mengenyam bangku pendidikan harus penuh perjuangan.

Seperti kisah siswa di salah satu daerah di Indonesia yang tengah viral di media sosial ini. Dilansir brilio.net dari akun Instagram @zulfikar2795, Sabtu (22/1), akun tersebut mengunggah sebuah video yang memperlihatkan sejumlah siswa yang kesulitan untuk pergi dan pulang sekolah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Par Jr. (@zulfikar2795)

 

Dari keterangan unggahan akun Instagram tersebut diketahui jika siswa- siswa SMK N 1 Mook Manaar Bulatn dan SMP Negeri 1 Muara Jawaq harus berjuang untuk menuju ke sekolah. Hal tersebut lantaran akses menuju ke sekolah mereka hanya tanah biasa yang jika hujan akan menjadi tanah berlumpur yang susah dilalui.

"Siswa - Siswi @smkn1.mmb dan @smpn1muarajawaq yang berasal dari kampung abit mengalami kesulitan pergi dan pulang kesekolah, dikarenakan akses jalan yg susah untuk dilalui," tulis akun @zulfikar2795 dalam keterangan unggahannya.

siswa di Kutai Barat pulang sekolah naik alat berat © Instagram

foto: Instagram/@zulfikar2795

Tidak tinggal diam, para guru pun membantu siswa-siswanya untuk dapat melewati jalanan rusak di wilayah tersebut. Begitulah perjuangan para siswa tersebut demi menempuh pendidikan.

"Perjuangan mau pulang sekolah. Dilaporkan langsung siswa-siswi SMK N 1 Mook Manaar Bulatn dan SMP Negeri 1 Muara Jawaq disini terlihat para guru ikut mengantar sampai ke titik yang bisa dilewati. Lalu seterusnya (tidak bisa terlewati)."

siswa di Kutai Barat pulang sekolah naik alat berat © Instagram

foto: Instagram/@zulfikar2795

Dari video tersebut terlihat beberapa anak yang harus menaiki alat berat untuk bisa melewati jalan tersebut. Ironinya, mereka berteriak seolah senang karena bisa menaiki mobil tersebut.

Kisah perjuangan para siswa melewati jalanan rusak tersebut lantas menarik perhatian warganet. Pada kolom komentar ramai dengan reaksi warganet yang meminta agar jalan lekas diperbaiki.

siswa di Kutai Barat pulang sekolah naik alat berat © Instagram

foto: Instagram/@zulfikar2795

"Ini sih wajib perbaikan," balas @febriyusto.

"Kukira kek gini ini cuma ada di syuting2 bolang, ternyata beneran ada," komentar @liabudyti.

"Pak tolong dibantu saudara2 kami ini @basuki_hadimuljono_ @jokowi," tulis @putrirahayuni.