Brilio.net - Dewasa ini tindak kejahatan marak terjadi tanpa pandang bulu. Pelaku kejahatan dapat melakukan aksinya di mana saja tanpa keraguan. Salah satu tempat yang menjadi sasaran utama adalah transportasi umum, antara lain angkutan kota (angkot).

Pada Minggu (9/4) telah terjadi tindak kriminal yang menyita jagat maya. Peristiwa tersebut terjadi di transportasi umum, angkot jurusan Rawamangun-Pulogebang. Pelaku melancarkan aksinya ketika jalanan macet. Pelaku menodongkan senjata tajam (sajam), pada penumpang angkot yang diketahui bernama Risma Oktaviani yang saat itu tengah menggendong anaknya.

Kejadian tersebut bukan menjadi peristiwa kejahatan pertama di angkutan umum. Sebelumnya telah ada beragam tindak kriminal yang cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia. Simak ulasannya seperti yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Senin (10/4) ini.

1. Penodongan siswa SMP N 2 Bandung.

Aksi kejahatan di angkot © 2017 brilio.net

Loading...

foto: merdeka.com

Masih hangat di ingatan mengenai kasus penodongan yang terjadi pada siswa SMP N 2 Bandung. Siswa berjumlah lima orang yang berada dalam angkot pun menjadi korban penodongan dan pemerasan. Ingin melarikan diri dari pelaku, para siswa ini pun melompat keluar angkot. Tak berselang lama, dua pelaku pun sudah diringkus pihak kepolisian.

2. Pelecehan seksual.

Aksi kejahatan di angkot © 2017 brilio.net

foto: merdeka.com

Angkutan umum menjadi moda transportasi yang banyak digemari masyarakat. Hal tersebut pun dimanfaatkan penjahat untuk melakukan tindak kriminal, salah satunya dengan melakukan pelecehan seksual. Para penumpang perempuan kerap menjadi sasaran utama. Pada tahun 2016 akhir, salah seorang mahasiswi di Palembang nyaris menjadi korban pemerkosaan oleh lima orang di angkot. Aksi tersangka digagalkan oleh seorang warga yang kebetulan melintas di dekat angkot.

3. Pemerkosaan hingga pembunuhan di angkot.

Aksi kejahatan di angkot © 2017 brilio.net

foto: merdeka.com

Tak sedikit yang menjadi korban dari tindakan asusila ini. Pada akhir 2016 telah terjadi pencabulan penumpang di bawah umur di angkot kawasan Tangerang. Pada kasus lain, pelaku pemerkosaan kerap menghabisi nyawa korbannya. Kasus pembunuhan pun muncul dengan berbagai alasan, salah satunya ingin menghilangkan saksi.

4. Pembajakan angkutan umum.

Aksi kejahatan di angkot © 2017 brilio.net

foto: merdeka.com

Ingin melancarkan aksi kejahatan, para pelaku tak segan untuk membajak angkutan umum. Pelaku mengatur jalannya laju angkutan umum dengan memerintahkan sopir. Kejadian ini pernah terjadi pada tahun 2012 silam pada angkutan umum Kampung Melayu-Gandaria. Karena ketakutan, sang sopir pun mengikuti perintah pelaku.

5. Perampokan.

Aksi kejahatan di angkot © 2017 brilio.net

foto: merdeka.com

Perampokan juga menjadi aksi kejahatan yang kerap dilakukan di angkutan umum. Para pelaku kerap membawa senjata tajam untuk merampas barang berharga dari penumpangnya. Biasanya aksi ini dilakukan secara terorganisasi dan melibatkan lebih dari satu orang.