Brilio.net - Perkembangan teknologi komunikasi saat ini memang sangat pesat. Dulu, telepon hanya bisa digunakan untuk memanggil jarak jauh atau SMS saja. Tapi saat ini dengan smartphone, kamu bisa merekam video, chatting, main game, browsing dan lain-lain.

Maka dari itu, bagi kebanyakan anak muda smartphone sudah seperti belahan jiwa. Nggak bisa deh, mereka jauh-jauh dari benda yang satu ini. Namun, mirisnya semakin canggih teknologi ternyata nggak selamanya membuat manusianya semakin cerdas. Nyatanya, kamu nggak bisa mengontrol smartphone dan cenderung kecanduan. Kamu nggak sadar juga? Berikut 12 bukti kalau smartphone itu malah bikin kamu nggak pintar, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (13/5):


1. Malas berhitung dan ngandelin kalkulator

foto: kidnesia

Aplikasi kalkulator dalam smartphone memang memudahkan untuk mengerjakan hitung-hitungan yang rumit. Tapi nggak jarang juga hanya untuk hitungan sederhana kamu tetap buka kalkulator di smartphonemu. Iya nggak?

2. Ada autocorect yang bikin kamu malas mengeja

foto: twitter

Autocorect memang sangat membantu saat kamu harus menulis kata yang benar. Namun, hal ini juga bisa membuatmu 'miskin' ejaan. Sebab, bakal manja dengan selalu mencarinya di autocorect.

3. Apa-apa nanya GPS

foto: appyhour

Teknologi GPS juga sangat memudahkan. Kamu kemana-mana bisa mengandalkan GPS. Namun, hal ini buruk, karena kebiasaan untuk bertanya langsung dengan penduduk sekitar lama-kelamaan juga akan hilang.

4. Menjauhkan dari orang terdekat

foto: elitereader

Prinsipnya sih mendekatkan yang jauh, tapi nyatanya malah orang-orang terdekat pun semakin tergantikan dengan adanya smartphonemu.

5. Ada emoticon yang menggantikan kosakata

foto: mogicons

Saat kamu kebingungan mau bilang apa, kamu bisa mengandalkan emoticon. Karena emoticon dirasa lebih mewakili perasaan kamu. Jeleknya, kamu jadi kehilangan kosakata dan malah terbiasa menggunakan emoticon.

6. Kamu terlalu banyak menyebar informasi

foto: facebook

Sebelum ada smartphone pastinya tak terlintas dalam pikiran kamu untuk membagi informasi dengan banyak orang. Namun, maraknya smartphone malah membuat kadang informasi pribadi bahkan aib sangat mudah tersebar. Duh..

Kamu merasakannya nggak? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


7. Tak mempedulikan dunia sekitar

foto: blazepress

Smartphone membuatmu sibuk dengan layar 4,5 inch itu. Akibatnya, di tempat ramai pun banyak yang memilih sibuk dengan gadgetnya dibanding bersosialisasi.

8. Eksis adalah wajib hukumnya

foto: Pinterest

Smartphone saat ini juga nggak hanya digunakan karena kebutuhan, namun lebih pada keinginan eksis dan gaya hidup. Semakin mahal dan canggih smartphone kamu biasanya semakin bangga menentengnya.

9. Say hay saat ini via media sosial

foto: Pinterest

Dulu, kalau ingin ngobrol kamu harus datang ke tempat tempat temanmu. Tapi kini, darimana saja kamu bisa say hello dengan teman-teman. Hal ini tentu juga buruk untuk kehidupan sosialmu.

10. Panik berlebih saat smartphone ketinggalan

foto:  blazepress

Saking seperti belahan jiwa, orang-orang bisa lebih panik saat smartphone ketinggalan. Kamu salah satunya?

11. Buang-buang waktu hanya demi selfie

foto: cupofjo

Kini, semuanya seperti bisa dilihat melalui foto dan media sosial. Simpelnya, saat ini media sosial adalah gambaran hidupmu. Padahal nggak semuanya begitu Sobat Brilio.

12. Sering begadang nggak jelas

foto: businessesgrow

Saat sudah asyik melihat timeline media sosial, nggak jarang kamu jadi lupa waktu. Padahal dulu sebelum ada smartphone kamu jarang begadang. Sekarang, kadang kamu bisa begadang hanya karena sesuatu yang nggak jelas dan nggak bermanfaat.