Brilio.net - Beberapa pria punya 'timbunan' daging di bagian dadanya sehingga mengesankan berpayudara besar walau nggak sebesar buah dada wanita. Hal ini bisa terjadi karena kelebihan berat badan atau karena menderita kondisi medis ginekomastia (kelebihan jaringan payudara).

Menurut Frederic Deleyiannis, seorang profesor dan ahli bedah di University of Colorado, Denver and Children’s Hospital of Colorado, Amerika Serikat, menyatakan komsumsi obat-obatan dapat menyebabkan ginekomastia tertentu, sebagaimana dikutip brilio.net dari Men's Health, Jumat (18/3). Sementara itu, dalam kasus yang jarang terjadi, tumor atau problem lain seperti hati, ginjal, atau testikel akan membuat payudara pria menonjol.

"Tak peduli apa pun yang menjadi penyebab payudara pria menonjol, olahraga adalah cara paling efektif mengatasinya," kata Deleyiannis.

Nah, tapi seiring dengan olahraga teratur, kira-kira harus seperti apa ya mereka agar penampilannya tidak aneh. Sebab, payudara cowok yang besar sering mengganggu untuk mengikuti tren fashion.

Jangan khawatir, berikut lima tips untuk kamu yang berpayudara besar dari Joseph Rosenfeld, personal brand dan penata gaya dari California, Amerika Serikat:

Loading...

1. Pakai baju yang pas di badan dan nyaman.

Kamu pemilik 'dada besar', jangan pakai pakaian yang terlalu ketat sehingga menonjolkan sekali bagian dadamu. Pakai saja yang pas di badan plus memberimu rasa nyaman. Bukankah itu fungsi pakaian?

2. Pakai baju bermotif kecil

Baju dengan motif kecil-kecil akan menyamarkan area dadamu yang membesar tersebut. Namun kamu harus berhati-hati memilihnya. Pilih motif dengan bentuk yang kecil sampai menengah. Kamu bisa memadukan motif kotak-kotak warna abu-abu dan hitam, atau titik biru kecil pada latar belakang biru gelap.

3. Pakai yang tebal

Kalau kamu berpayudara besar, kamu bisa menggunakan pakaian berbahan tebal atau beberapa lapis pakaian. Pakaian ini bisa menyembunyikan dada besarmu, lho. Ini berlaku kalau kamu tinggal di negara musim dingin. Kalau yang bermukim di negara beriklim tropis, kamu bisa menggunakan bahan pakaian dari tenun erat tekstil yang manfaatnya sama untuk menyembunyikan dada besarmu. Intinya, pakaian kaus yang sedikit kaku dan tebal, bukan yang lembut dan tipis.

4. Hindari memakai warna super cerah dan perpaduan kontras

Cobalah mengurangi penggunaan pakaian yang warnanya cetar dan menggabungnya dengan warna cetar lainnya. Hal ini justru bikin area dadamu tampak besar. Pilihlah warna-warna agak gelap atau netral biar menyamarkan area dadamu.

5. Penggunaan motif strip vertikal

Menurut Mary Lou Andre, editor of DressingWell.com, setelan jas atau pakaian lain yang bermotif garis vertikal rapat akan memberikan kesan langsing bagi pemakainya, termasuk kamu yang memiliki dada besar.

Siap mempraktikkan, guys?