Brilio.net - Beberapa waktu lalu media dihebohkan dengan Syed Saddiq, Menteri Pemuda dan Olahraga di Malaysia yang usianya masih sangat muda yakni 25 tahun. Namun rupanya di negara Uni Emirat Arab (UEA) juga ada Menteri Pemuda yang benar-benar muda.

Adalah cewek cantik bernama Shamma Al Mazrui yang ditunjuk sebagai Menteri Urusan Kepemudaan Negara di UAE di usia 22 tahun pada tahun 2016 lalu. Meski kini usianya 24 tahun, namun Shamma berhasil memecahkan rekor Guinness World Records tahun 2018 ini sebagai menteri termuda di dunia.

shamma al mazrui  © 2018 brilio.net

Seperti dilansir brilio.net dari Emirates Woman, Senin (30/7), Shamma lahir dan dibesarkan di Abu Dhabi, menerima gelar Bachelor of Arts di bidang Ekonomi dari New York University Abu Dhabi. Ia juga merupakan Sarjana Rhodes pertama di UAE dan lulus dengan gelar Magister Kebijakan Publik dari Universitas Oxford pada tahun 2015 lalu.

shamma al mazrui  © 2018 brilio.net

Wanita 24 tahun ini dilantik oleh Perdana Menteri Mohammed bin Rashid Al Maktoum sebagai Menteri Urusan Kepemudaan Negara pada Februari 2016 di usia 22 tahun. Hal itu tentu saja menjadikannya orang termuda di kabinet UAE dan menteri kerajaan termuda di dunia.

shamma al mazrui  © 2018 brilio.net

Shamma dikenal sebagai pribadi yang kerap tampil sederhana, orang yang rendah diri, santun dan bijak dalam berkata.

"Kisah di balik kesuksesan saya biasa-biasa saja, dan saya harap Anda semua (pemuda) meraih lebih banyak daripada saya. Saya tidak ingin berbicara tentang kisah saya karena ini cerita yang normal. Tugas dasar saya adalah mendengarkan dulu. Saya tidak akan mewakili pemuda hanya dengan suara saya dan pandangan saya, saya tidak ingin menjadi pemimpin seperti itu," ungkap Shamma.

shamma al mazrui  © 2018 brilio.net

Diakui sebagai menteri termuda di dunia, secara resmi nama Shamma masuk di Guiness Boof of World Records menggantikan Sebastian Kurz Menteri Austria usia 27 tahun dan Aida Hadzialic Menteri Swedia berusia 26 tahun.