Brilio.net - Dunia komik Indonesia kini makin beragam. Bahkan sajian cerita dan kualitasnya nggak kalah lho dengan komik asing. Hal ini nggak lepas dari hadirnya para komikus muda yang makin kreatif menelurkan karya-karya keren.

Salah satunya Jasmine Hanny Surkatty, komikus muda nan cantik penulis komik strip humor “Komik Ga Jelas”. Insipirasi pembuatan komik yang dirilis 2016 itu diambil dari kehidupan sehari-hari alumni jurusan art & design Universitas Bina Nusantara Internasional itu.

Komik ini bercerita tentang sejumlah karakter Budi, Tono, Bro dkk dengan muatan-muatan sosial, budaya, dan sedikit politik. Jadi, setiap kali mendapat berita tentang apapun, Jasmine selalu ingin mengubahnya dalam bentuk komik strip yang lucu.

Komik Ga Jelas  © 2017 brilio.net

(foto: instagram @komikgajelas)

Loading...

Ya awalnya sih ide komik ini muncul dari sekadar iseng hanya untuk membuat orang tertawa. Dia juga melihat banyak komik yang muatan ceritanya sangat berat, bacanya harus mikir.

Jadi cewek pemilik JHS Production ini mencoba bikin komik yang orang bacanya nggak perlu pakai mikir lah. Di komik ini banyak tokoh yang tidak seperti manusia dan cara berpikirnya irasional. Maka namanya Komik Ga Jelas.

“Saya ingin membuat komik lucu yang bisa dinikmati semua umur. Komik ini aman. Lewat komik ini saya ingin mengubah berita apapun di dunia nyata yang bikin stres, menjadi sesuatu yang lucu dan lebih fun,” ujar Jasmine kepada brilio.net yang ditemui di acara Bekraf Game Prime 2017.

Komik Ga Jelas  © 2017 brilio.net

(foto: instagram @komikgajelas)

Awalnya Komik Ga Jelas edisi “Penghilang Stres” cetakan pertama dibuat sebanyak 3.500 eksemplar dan sudah ludes di pasaran. Kini sedang dalam proses cetakan kedua. Rencananya, Jasmine bakal mengeluarkan komik serupa untuk edisi kedua bertajuk “Pembasmi Frustrasi” pada Oktober mendatang.

Oh ya, “Komik Ga Jelas” karya cewek yang suka menggambar sejak TK ini malah sudah diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) lho. Komik itu ia berikan saat acara buka puasa bersama di Istana Negara, Juni lalu.   

“Semoga Komik Ga Jelas 'Penghilang Stres' yang diberikan ini menghibur. The least we can do untuk bapak (presiden) yang pasti pusing memikirkan lebih dari 257,9 juta penduduk Indonesia,” kata cewek yang sangat menyukai dunia pop culture ini.

Komik Ga Jelas  © 2017 brilio.net

(foto: instagram @komikgajelas)

Rupanya, komik karya cewek yang punya nama lain di dunia maya sebagai BRBLOL itu mendapat banyak perhatian publik. Buktinya, komik ini sekarang sudah ada dalam versi game dengan nama “Game Ga Jelas”.

“Game ini menceritakan pertarungan tim tempe versus tim tahu untuk memperebutkan predikat siapa yang paling enak. Makanya nama gamenya tahu vs tempe edition,” kata Jasmine.

Ini merupakan mini game di mana pemain tim tempe dan tim tahu harus bertarung untuk mendapatkan predikat manusia terbaik sejagad raya. Untuk saat ini game ini hanya ada dalam bentuk mobile. Rencananya game ini akan keluar akhir tahun ini. Saat ini bentuknya masih dalam versi beta di mana isinya masih empat mini game.

Komik Ga Jelas  © 2017 brilio.net

(foto: brilio.net/yani andryansjah)

“Ke depan kita akan masukin lagi dalam fitur game yang terinspirasi permainan tradisional nusantara seperti karapan sapi, lompat batu di Nias, petak benteng,” lanjut Jasmine.

Game yang dikembangkan Tamatin Entertainment bekerjasama dengan Komik Ga Jelas ini muncul setelah Jasmine mengikuti acara Bekraf Game Prime tahun lalu.

Salah satu yang menarik dari game ini adalah jenisnya multiplayer offline. Kenapa dibuat begitu? Agar pemain tidak hanya bermain dengan orang lain secara online tapi juga bisa bermain dengan teman terdekat hanya dengan satu gadget alias face to face. “Kita ingin membawa game ke dunia nyata dengan interaktif yang lebih bisa dirasakan dengan orang yang dekat,” tukas Jasmine.

Komik Ga Jelas  © 2017 brilio.net

(foto: brilio.net/yani andryansjah)

Pemain bisa memilih karakter sesuai keinginan atau bermain sendiri melawan mesin. Seru banget deh.