Brilio.net - Masyarakat Korea Selatan (Korsel) memang cenderung punya standar yang sangat tinggi dan spesifik soal kecantikan, baik bentuk tubuh ataupun wajah. Mereka menganggap kalau penampilan fisik yang sempurna adalah segala-galanya.

Maka dari itu nggak heran kalau Negeri Ginseng ini dikenal sebagai negara dengan tren kecantikan global seperti kosmetik dan juga operasi plastik. Demi untuk memenuhi standar kecantikan yang ada di negaranya, sebagian masyarakat Korea nggak ragu melakukan perawatan demi perawatan serta operasi demi operasi.

Nah, apa aja sih standar kecantikan di Korsel yang membuat mereka terobsesi? Yuk simak di bawah ini, seperti yang sudah brilio.net lansir dari Theodysseyonline, Rabu (26/4).

1. Body S-Line.

standar cantik korea © 2017 brilio.net

foto: pinterest

Bentuk tubuh ini dianggap bentuk tubuh paling ideal perempuan dan semakin tampak molek jika dilihat dari samping. Bagian payudara dan bokong berisi, sedangkan perut dan pinggang ramping.

2. Wajah bentuk V-line (segitiga).

standar cantik korea © 2017 brilio.net

foto: idhospital.blogspot

Bentuk wajah yang dijadikan standar di Korsel dan menjadi dambaan bagi para wanita adalah bentuk wajah kecil dan berbentuk V. Banyak juga wanita Negeri Ginseng rela melakukan operasi dengan memotong rahang mereka untuk mendapatkan bentuk wajah idaman tersebut.

3. Wajah yang mengilap bersinar.

standar cantik korea © 2017 brilio.net

foto: allkpop

Banyak wanita Korea yang mendambakan wajah dengan kulit bersinar, mulus dan mengilap meski dengan makeup minimalis. Apalagi dengan tren semprot air untuk wajah, hingga masker tidur yang diharapkan bisa menjadikan wajah mereka lembap dan mengilap.

4. Mata bulat dengan dual lipatan kelopak mata.

standar cantik korea © 2017 brilio.net

foto: straitstimes

Wanita Korea sangat terobsesi dengan mata yang besar dan bundar, walaupun pada umumnya mereka memiliki mata yang kecil. Selain bentuk mata, lipatan pada kelopak mata juga sangat penting bagi mereka, karena lipatan mata dapat memberikan kesan hidup pada mata. Jadi nggak heran kalau operasi kelopak mata adalah operasi yang paling banyak dilakukan dan diinginkan oleh para remaja dan wanita di Korea sono.

5. Hidung tinggi tapi kecil.

standar cantik korea © 2017 brilio.net

foto: soompi

Standar kecantikan hidung di Korea memang berbeda dengan hidung mancung yang ada di Barat. Wanita Korea lebih menginginkan hidung dengan tulang hidung yang lurus, tinggi dengan kulit hidung bawah tipis dan kecil.

6. Kening yang menonjol (jenong).

standar cantik korea © 2017 brilio.net

foto: onehallyu

Mungkin kalau di sini seseorang bakalan dipakai sebagai bahan becandaan kalau memiliki jidat yang jenong. Eits, kalau di Korea malah kebalikannya. Karena kebanyakan dari mereka percaya kalau wanita memiliki kening yang bulat menonjol dianggap memiliki rezeki yang bagus dan masa depan yang cerah.

7. Kaki panjang dan kurus.

standar cantik korea © 2017 brilio.net

foto: aestheticshub

Mereka menginginkan kaki mereka panjang dan kurus. Bahkan tinggi badan seseorang di sana juga menjadi salah satu penentu kecantikan seseorang. Untuk tinggi badan, wanita harus memiliki tinggi 7 kali dari tinggi wajahnya.

8. Kulit putih pucat.

standar cantik korea © 2017 brilio.net

foto: choisulli.baidu

Warna kulit yang menjadi dambaan wanita di Korea adalah warna kulit yang putih. Kulit bagi seorang wanita Korea adalah hal yang paling penting, karena kulit dapat menunjukkan status sosial seseorang. Di Korea, seorang wanita yang memiliki kulit putih pucat dianggap mempunyai status sosial yang tinggi karena ia dinilai cenderung menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Putih yang diinginkan bukan putih langsat seperti yang dimiliki oleh wanita Asia pada umumnya, tetapi putih pucat. Mereka menginginkan kulit mereka bersinar seperti keramik. Wew!

9. 'Aegyeo-ssal' atau kantung mata.

standar cantik korea © 2017 brilio.net

foto: wonjinbeauty

Hah, kantung mata? Yup, mungkin bagi wanita di sini menganggap bahwa kantung mata adalah momok. Bahkan banyak banget alat makeup yang diciptakan untuk meminimalisir kantung mata.

Namun di Korea, kantung mata malah menjadi salah satu obsesi. Mereka justru pengen menonjolkan kantung mata atau jika di Korsel disebut dengan aegyeo-ssal. Aegyeo-ssal artinya adalah senyuman mata yang diasumsikan oleh orang Korea sebagai deposit lemak ini biasanya ada pada anak kecil dan remaja, dan karena itulah jika seseorang punya 'aegyeo-ssal' artinya dia awet muda.

Nah, gimana nih ladies? Tertarik untuk mengikuti standar kecantikan di Korsel? Pastinya kita harus bisa mensyukuri apa yang sudah dipinjamkan Maha Pencipta kepada kita dan menjaganya.