Brilio.net - Siapa yang nggak tahu korek kuping atau cotton bud. Bukan hanya berfungsi sebagai pembersih telinga, ternyata korek kuping juga memiliki manfaat lain, khususnya di dunia kecantikan. Mau tahu apa saja?

Dikutip brilio.net dari laman GENIUS BEAUTY, Senin (21/3), berikut 18 manfaat nggak terduga korek kuping di dunia kecantikan, yang harus kamu tahu:

1. Pengganti parfum

foto: geniusbeauty.com

Memang gimana ceritanya korek kuping bisa jadi pengganti parfum? Jadi, kalau kamu ribet bawa botol parfum ke mana saja, mending manfaatkan korek kuping. Cukup semprotkan parfum ke beberapa kapas korek kuping. Kemudian masukkan langsung ke dalam kantong plastik zip supaya terjaga aromanya. Nah, bawa saja korek kuping ini ke mana-mana. Kamu tinggal mengusapkan kapas korek kuping ke dasar pergelangan tangan, di lekuk siku, belakang telinga, atau di leher. Praktis, bukan?

2. Berfungsi sebagai 'alat pemutih gigi'

Jadi, fungsi korek kuping bisa sebagai alat memutihkan gigimu. Caranya, siapkan dulu pasta gigi, soda, dan hidrogen peroksida sebagai ramuan pemutih gigi. Kemudian gunakan kapas korek kuping untuk mengoleskan campuran ini ke gigimu. Tunggulah selama satu menit, lalu bersihkan gigi dengan sikat gigi biasa. Ulangilah prosedur ini beberapa kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Memperbaiki kontur lipstik

Bencana bagi cewek adalah kalau kontur (garis bentuk) lipstik belepotan. Nah, kapas korek kuping dapat membantu merapikan garis lipstik di bibir kamu.

4. Menyamarkan warna akar rambut dengan bantuan eyeshadow

foto: geniusbeauty.com

Kamu yang udah tumbuh uban tapi hanya di bagian pangkal atau akar, bisa pakai kapas korek kuping dan eyeshadow. Tapi, warna eyeshadow-nya harus senada dengan warna rambutmu. Kalau nggak, kan aneh.

5. Menghilangkan noda bekas pengecatan rambut

Kamu yang baru saja mengecat rambut, biasanya noda cat menempel di kulit kepala. Nah, kamu bisa menggunakan pasta campuran hidrogen peroksida dan baking soda, lalu oleskan ke kulit kepala bernoda menggunakan kapas korek kuping. 

6. Pembersih hair dryer

foto: geniusbeauty.com

Jika rambut kamu yang rontok tersangkut ke hair dryer gunakan korek kuping untuk membersihkannya. Selain itu, kapas korek kuping bisa juga menghilangkan debu yang menghalangi udara hair dryer.

7. 'Mengatasi' resleting ngadat pada baju

foto: geniusbeauty.com

Baju kamu sering mengalami resleting ngadat? Basahi kapas korek kuping dan gosok ke resleting yang macet. Sampo berfungsi sebagai pelumas yang bisa melancarkan kembali resleting kamu.

8. 'Mengatasi' goresan pada sepatu

foto: geniusbeauty.com

Apakah kulit sepatumu tergores? Nah, kamu bisa menutupinya dengan cat kuku bewarna senada. Oleskan menggunakan korek kuping sehingga bisa menutupi goresan sepatumu.

9. Menghapus cat kuku yang belepotan di luar kuku

Semisal kamu pakai cat kuku terus belepotan pakai saja korek kuping yang sudah dimasukkan ke dalamn remover cat kuku. Dijamin kukumu yang belepotan cat bisa dihapus hingga bersih kembali.



KLIK NEXT UNTUK MELIHAT FUNGSI TAK TERDUGA LAIN!

2 dari 2 halaman


10. Membantu mengatasi jerawat

foto: geniusbeauty.com

Mengatasi jerawat memang gampang-gampang-susah. Tapi korek kuping bisa membantu mengeluarkan nanah atau batu yang ada dalam benjolan jerawat. Setelah mandi air hangat, pastikan wajah kering. Kemudian dorong lembut jerawatmu menggunakan dua korek kuping. Perhatikan pada gambar di atas. Tapi jangan dipaksakan dan melakukannya secara kasar, ya. Takutnya malah menyakitimu sendiri dan justru jerawat nggak hilang-hilang. Lakukan secara teratur dan perlahan.

11. Menghapus eyeshadow tanpa perlu cuci muka

Untuk menghapus eyeshadow, kamu bisa menggunakan bantuan korek kuping yang telah dicelupkan di dalam make up remover.

12. Mengatasi kantong mata

Kamu yang sukanya begadang, paginya pasti punya kantong mata. Nah, untuk mengatasinya cukup pakai korek kuping. Oleskan krim mata di kedua ujung korek kuping. Kemudian masukkan ke dalam kantong plastik zip dan masukkan ke dalam freezer. Esok pagi, usap pelan ujung korek kuping ke bagian bawah kelopak matamu, dari sudut ke sudut. Dengan begitu, pembengkakan pada mata bisa berkurang.

13. Membuat bulu mata lentik

foto: geniusbeauty.com

Kalau kamu ingin memperpanjang bulu mata, gunakan kapas korek kuping berbedak bayi sebelum menggunakan maskara. Dengan begitu, bulu mata tampak lentik dan panjang.

14. Membersihkan maskara belepotan

Terkadang, saat kamu menggunakan maskara, kelopak mata jadi terkena juga. Lebih baik segera bersihkan kelopak matamu dengan kapas korek kuping.

15. Membantu menempel bulu mata palsu

foto: geniusbeauty.com

Kamu yang kesulitan memakai bulu mata palsu, tak usah khawatir. Dengan korek kuping, kamu bisa mengoleskan lem perekat untuk bulu mata palsu. Celupkan ujung korek kuping di lem, oleskan ke bulu mata palsu, baru pakailah melapisi bulu matamu.

16. Merapikan eyeliner

Kayaknya ini masalah banyak cewek, ya. Pakai eyeliner kok, nggak rapi-rapi. Nah, kamu bisa pakai korek kuping yang sudah dicelupkan ke make up remover untuk membersihkan eyeliner yang tersisa atau bikin goresannya nggak rapi.

17. Merapikan makeup

foto: geniusbeauty.com

Kalau terjadi kesalahan saat merias wajah, misalnya garis mata terlalu tebal, kamu bisa menggunakan korek kuping yang telah dioleskan ke concealer, eye shadow, atau foundation. Setelah itu kamu bisa menutupi atau merapikan makeup yang kurang rata.

18. Merapikan alis

Maksudnya dengan kapas korek kuping, kamu bisa meratakan pensil alis yang sudah kamu goreskan di alis. Tujuannya supaya pensil alis lebih membuat membuat alismu menjadi indah.