Brilio.net - Banyak orang memelihara binatang kesayangan karena hobi atau untuk mengisi waktu luang. Bahkan, kini bintang peliharaan tersebut sudah semakin bervariasi. Salah satunya yang populer adalah jenis burung hantu mini Celepuk Reban.

Celepuk reban adalah sejenis burung hantu kecil dari suku Strigidae. Buruh ini juga dikenal dengan nama lain seperti Celepuk, Bueuk, Manuk Kuwek. Sementara nama ilmiahnya adalah Otus lempiji, namun beberapa penulis masih memasukkannya sebagai sub-spesies dari Otus bakkamoena, yang memiliki persebaran luas di Asia bagian selatan.

Nah, berikut foto-foto burung Celepuk Reban yang imut, mungil, dan dijamin bikin kamu gemas sendiri melihatnya, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (29/2):

1. Burung ini bertubuh kecil, panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 20-21 cm. Panjang sayap sekitar 15 cm, dan berat sekitar 100 gram.

foto: binatang.net

2. Seperti umumnya burung hantu, Celepuk ini berwarna burik. Sisi atas tubuh berwarna coklat kehitaman atau keabu-abuan berbintik-bintik hitam.

foto: kaskus.co.id

3.  Iris mata berwarna coklat gelap atau kekuningan, paruh kuning, dan kaki kuning kotor.

foto: kaskus.co.id

4. Banyak jenis Celepuk yang warnanya mirip, sehingga identifikasi harus dilakukan dengan hati-hati. Bantuan lainnya ialah dengan menggunakan suaranya.

foto: kaskus.co.id

5. Celepuk umumnya didapati di wilayah berpohon, sampai dengan ketinggian 1.600 mdpl, di tepi hutan, perkebunan, pekarangan, hingga taman-taman di kota besar.

foto: gambarbinatang.com

KLIK NEXT UNTUK MELIHAT CELEPUK REBAN YANG LEBIH IMUT!

2 dari 2 halaman


6. Celepuk Reban memangsa aneka serangga malam, seperti ngengat, belalang, kodok, dan juga burung kecil.

foto: ceriwis.com

7. Tiap bertelur, celepuk menghasilkan sekitar 2-3 butir, berwarna putih, hampir bulat, dan diletakkan dalam sarangnya di lubang pohon, di sela pelepah kelapa, atau di rumpun bambu.

foto: ceriwis.com

8. Di Jawa Barat, Celepuk berbiak antara Februari dan Juni, di Jawa Tengah antara November dan Januari.

foto: decelepux.blogspot.com

9. Celepuk Reban tersebar luas di Filipina, Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Bali.

foto: gudangburung.com

10. Gemas, ya?

foto: ibc.lynxeds.com