Brilio.net - Kucing kerap dijadikan hewan peliharaan. Lucu dan menggemaskan. Dua sifat ini yang sering menjadi alasan mengapa banyak orang memelihara hewan berkumis ini. Tapi, tahukah kamu ternyata usia kucing jauh lebih tua loh dari manusia.

Mau tahu, bagaimana sebenarnya menghitung usia kucing? Rupanya ada beberapa cara untuk membandingkan usia kucing dengan manusia. Cara pertama, usia satu tahun kucing setara dengan enam tahun umur manusia. Jadi kalau kamu punya kucing berusia tiga tahun (menurut ukuran manusia), maka usia kucing kamu sebenarnya adalah 18 tahun.

Cara kedua, satu tahun pertama usia kucing setara dengan 15 tahun usia manusia. Tahun berikutnya, usia kucing setara empat tahun usia manusia. Jadi kalau kamu punya kucing berusia tiga tahun, maka umur kucing kamu sebenarnya 23 tahun. Bingung ya? Menghitungnya begini, 15+(2x4)=23 tahun usia manusia.

Nah, cara ketiga hampir sama dengan cara kedua. Bedanya, usia tahun pertama kucing dihitung setara 20 tahun usia manusia. Jadi kalau kamu punya kucing berusia tiga tahun, berarti usia kucing kamu sebenarnya 28 tahun. Caranya, 20+(2x4)=28 tahun usia manusia.

Tapi ada juga yang menghitung bahwa dua tahun pertama kehidupan kucing kurang lebih sama 25 tahun usia manusia, dan setelah itu setiap tahun usia kucing disetarakan dengan empat tahun usia manusia. Berarti jika kucing kamu berusia enam tahun, maka umurnya setara 41 tahun usia manusia.

Loading...

Menurut beberapa sumber, kucing tertua di dunia hidup hingga berusia 153 tahun. Itu artinya setara dengan 34 tahun usia manusia.

Memang tidak ada cara ilmiah yang dapat diandalkan untuk menghitung perbandingan antara usia manusia dan kucing. Tapi kalau kamu masih penasaran bisa mengunjungi laman www.purina.co.uk untuk membuka kalkulator kucing.