Brilio.net - Peneliti bidang Reptilia dari Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat (Sumbar), Fachrul Reza mengatakan jika memelihara kucing dapat mencegah ular masuk ke rumah. Dia menyebutkan dalam hal menakuti ular, kucing menggunakan insting menangkapnya dan cakar tajam sebagai senjatanya.

"Dengan kebiasaan dan kemampuannya kucing mampu membunuh ular hal inilah yang paling ditakuti hewan melata tersebut," kata Reza di Padang, Senin (21/12).

Menurutnya secara refleks kucing dapat mengidentifikasi pergerakan yang mencurigakan saat masuk rumah. Selain itu kucing dengan penciumannya mampu mendeteksi bila ada binatang yang masuk atau tidak dengan mengeong keras.

"Secara naluri ular juga takut keberadaan kucing, sehingga enggan datang ke rumah," terangnya.

Lanjut dia, secara fisiologi cakar kucing dan pergerakan tangkas kucing ditakuti ular. Pada beberapa penelitian muncul jika ular dihadapkan dengan kucing kerap kalah. Dengan catatan katanya ular tersebut bukanlah berukuran besar seperti Phyton reticulatus.

"Jenis ular yang merupakan musuh kucing ini jenis ular Pitukuih atau Elaphe Flavo dan Ular Kobra Sembur Sumatera," ujarnya seperti dikutip Antara.

Sementara itu salah satu warga Padang, Esihwati menilai ular yang masuk ke pemukiman memang bisa diusir kucing. Namun dengan catatan ular yang masuk hanya satu ekor.