Brilio.net - Para peneliti memberi nama spesies ikan yang baru mereka temukan dengan nama Etheostoma Obama. Peneliti dari Geosyntec Consultant di Georgia, Steve Layman, dan Ricky Mayden, dari Universitas Saint Louis, melihat ikan spesis baru itu pertama kali di Sungai Duck and Buffalo, yang menjadi bagian dari Sungai Tennessee.

"Kami pilih nama Presiden Obama karena kepemimpinannya di bidang lingkungan, terutama menciptakan energi bersih, dan karena dia merupakan salah satu pemimpin pertama yang melakukan pendekatan konservasi dan perlindungan lingkungan," ujar Layman dikutip Antara, Senin (17/4).

Ikan tersebut memiliki beragam warna berbeda di sisiknya, pejantan biasanya berukuran sepanjang 55 mm dan hidup di sungai yang membelah jantung Amerika Serikat. Ikan ini kebanyakan ditemukan hidup di dasar sungai kecil di utara Alabama dan sebelah timur Tennessee yang merupakan daerah basis Demokrat berkumpul.

Etheostoma obama merupakan ikan kecil berwarna orange dan biru yang berkilauan di sisik dan sirip tipisnya yang melambai-lambai di air. Ikan ini memiliki cara unik dengan berenang cepat untuk menghindari bebatuan dan benda lain di dasar sungai.

Diketahui beberapa nama tokoh kenegaraan lain juga pernah dijadikan nama berbagai tempat dan benda sebagai tanda penghormatan tempat seperti Teddy Roosevelt, Jimmy Carter, Bill Clinton, dan Al Gore. Semuanya nama-nama petinggi puncak Amerika Serikat.