Brilio.net - Infeksi virus corona bisa menular ke hewan. Dilansir brilio.net dari businessinsider, Selasa (7/4), seekor harimau betina berusia 4 tahun di Kebun Binatang Bronx, New York dinyatakan positif corona Covid-19 pada 5 April 2020.

Harimau bernama Nadia itu mengalami penurunan nafsu makan setelah berinteraksi dengan pawangnya. Pihak kebun binatang yang dikelola Wildlife Conservation Society mengatakan, ada tiga harimau lainnya dan tiga singa Afrika menderita batuk kering dan penurunan nafsu makan.

Tak ada jenis kucing besar lainnya selain mereka yang ada di dalam area kebun binatang tersebut. Namun beberapa langkah telah diambil pihak pengelola kebun binatang agar yang lainnya tidak tertular.

Diketahui, kucing-kucing besar tersebut tertulat dari pawang yang menderita Covid-19 tanpa gejala. Saat ini belum diketahui bagaimana bisa virus tersebut dapat menginfeksi harimau.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Meskipun terjadi penularan dari manusia ke hewan, tapi sejauh ini belum ditemukan penularan dari hewan ke manusia. USDA mengatakan, tidak ada bukti bahwa hewan dapat menyebarkan Covid-19 kepada manusia. Namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah merekomendasikan bahwa manusia yang terinfeksi virus sebaiknya menghindari kontak dengan hewan peliharaan dan hewan lainnya.

USDA dan CDC mengatakan tidak ada laporan bahwa hewan peliharaan dapat terkena Covid-19 di Amerika Serikat. Dengan hal tersebut, mereka mengatakan akan memantau situasi tetapi tidak akan merekomendasikan pengujian terhadap hewan lain saat ini.

(brl/pep)

(brl/pep)