Brilio.net - Ada saja hal aneh terjadi sepanjang 2016. Seperti peristiwa unik yang menimpa hewan-hewan berikut ini.  Mereka semua memiliki kemampuan khusus dan karakteristik yang membantu mereka bertahan hidup di habitatnya. Nah sepanjang tahun 2016 ini, ditemukan beragam kisah hewan yang nggak pernah kamu sangka ada lho. Mulai dari paus dengan kepala dua, atau hiu hantu yang bikin kamu menganga. Semua itu memang kuasa Sang Pencipta.

Dirangkum brilio.net dari National Geographic, Selasa (27/12) yuk simak di bawah ini guys, kisah-kisah hewan sepanjang tahun 2016 yang bisa bikin kamu takjub dan nggak percaya lho!

1. Vertebrata dengan usia tertua di dunia, bisa hidup 500 tahun lebih.

hewan 2016 © 2016 brilio.net

Hiu dari Greenland ini diakui melalui penelitian di bulan Agustus lalu bahwa ia bisa hidup 272 tahun lamanya dan memperpanjang hidupnya hingga 500 tahun.

Loading...

2. Jerapah putih yang langka.

hewan 2016 © 2016 brilio.net

Jerapah putih yang diberi nama Omo ini ditemukan pada bulan Januari lalu di Tanzania's Tarangire National Park. Menurut pendiri Wild Nature Institute, Derek Lee, Omo bukanlah jerapah albino. Melainkan ia mengalami kondisi genetik yang membuatnya tidak bisa memproduksi pigmentasi.

3. Jesperpus, kucing ski yang berbakat.

Kisah kucing ini sempat viral karena kelucuannya saat diajak bermain ski ditengah salju di Norwegia. Ia berlari-lari di salju dan ketika lelah ia akan menaiki pundak pemiliknya, Aina Storno. Dalam banyak video YouTube yang memuat Jasper, kucing usia 3 tahun ini memang dikenal sebagai kucing yang suka berkesplor seperti mengelilingi hutan, berenang, dan melakukan perjalanan ski .

4. Hiu kepala dua

hewan 2016 © 2016 brilio.net

Bayangan akan hiu berkepala dua mungkin terdengar seperti imajinasi atau sebuah kisah di film, namun ternyata mereka benar-benar ada. Di Spanyol, pada November lalu baru saja ditemukan embrio dari catshark dengan kepala dua. Masih belum pasti penyebab hal tersebut terjadi, namun untuk sementara masih dipercayai sebagai kelainan genetik dari ikan-ikan tersebut.

5. Rubah Alaska 'ciptakan' tamannya sendiri

hewan 2016 © 2016 brilio.net

Apa yang kamu bayangkan kalau mendengar kata Alaska? Lanskap putih, beruang, kehidupan yang abu-abu dan dingin. Tapi taman dengan bunga-bunga?

Nah hal ini dilakukan oleh rubah di Artic Alaska dimana rubah mampu menjadi 'tukang kebun' terbaik di dunia.

hewan 2016 © 2016 brilio.net

Untuk melindungi mereka dari musim dingin, rubah di Alaska ini biasanya akan menggali tanah dan membuat taman bagi mereka sendiri dengan menaruh nutrisi di tanah gabungan dari urin dan kotoran mereka, membuat bunga liar juga ikut tumbuh. Hal ini rupanya mampu untuk membantu jalannya ekosistem bagi herbivora di sana. Wah, keren banget ya?

6. Laba-laba yang menyamar menjadi daun

hewan 2016 © 2016 brilio.net

Spesies baru laba-laba ini ditemukan di Provinsi Yunnan, China selatan.

Istimewanya laba-laba ini berbentuk mirip sekali dengan daun. Tubuhnya berbentuk lonjong dan tonjolan melengkung yang serupa dengan tangkai daun. Menurut peneliti di Journal of Arachnology, masih belum ditemukan jenis laba-laba apa ini.

7. Hiu hantu

hewan 2016 © 2016 brilio.net

Video yang rilis pada bulan Desember ini menayangkan penampilan pertama Chimaera bitu yang ditemukan di California, hewan ganjil yang tinggal di laut dalam.

Bonus!

Kisah 2 Penguin yang merebutkan 1 betina.

2 penguin jantan yang merebutkan satu penguin betina ini memang terjadi kira-kira dua tahun yang lalu, namun baru viral pada tahun ini. Mungkin ceritanya memang 'standar' yaitu dua pejantan yang bertengkar, saling hajar satu sama lain dan berdarah-darah hanya demi merebutkan hati si betina. Namun National Geographic membuat kisah tersebut dengan dramatis, lengkap dengan sound effect dan juga narator yang membuat cerita tersebut semakin dramatis. Nggak percaya, kamu bisa tonton video ini deh.