×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bukan sembarang kuda, ini 5 ras yang paling bisa diandalkan buat lomba

View Image

0

BRILIO » Binatang

Bukan sembarang kuda, ini 5 ras yang paling bisa diandalkan buat lomba

foto: scarboroughdowns/leonierobertsphotography

Tiap kuda punya karakter berbeda.

(brl/pep)

29 / 07 / 2018

Brilio.net - Kuda bukan sekadar hewan yang diandalkan untuk transportasi tradisional. Tapi, binatang ini juga digunakan untuk ajang olahraga. Ada berbagai jenis kejuaraan yang menggunakan kuda. Uniknya, tidak asal kuda yang bisa ditunggangi untuk perlombaan tersebut karena tiap kuda punya karakter berbeda.

Dikutip dari ker.com, Sabtu (28/7), karakter kuda sendiri digolongkan dalam tiga istilah, yaitu hot blood, warm blood, dan cold blood. Kuda hot blood (berdarah panas) akan cenderung gampang gugup dan enerjik ketimbang tipe lainnya. Yang termasuk jenis ini, seperti ras Arabian dan Thoroughbred. Mereka bisa diandalkan untuk masuk dalam arena pacuan.

Kuda cold blood (berdarah dingin) lekat dengan ras kuda yang tenang, tidak gampang stress, seperti Pecheron dan Shires. Jenis ini mempunyai tulang besar dan tubuh yang berat, serta sering digunakan sebagai kuda peternakan.

Sedangkan kuda warm blood memiliki sisi tenang, namun enerjik. Kuda dengan karakteristik ini cocok sebagai kuda angkut dan transportasi. Tapi, sering juga digunakan dalam kompetisi berkuda halang rintang.

Khusus untuk kuda perlombaan, apa saja sih jenisnya? Berikut adalah lima ras kuda yang malang-melintang di dunia kompetisi karena kecepatan, kekuatan, kelincahan dan daya tahannya, dikutip dari savvyhorsewoman.com.

Loading...

1. Thoroughbred.

kuda lomba Istimewa

foto: clockerscorner.com

Kuda yang masuk dalam kategori hot blood ini dikenal karena kemampuan kompetitifnya. Dia memiliki struktur tubuh yang lincah, ramping dan tinggi. Jenis ini sering digunakan dalam barrel racing (balapan dengan mengitari semacam drum) dan eventing race (halang rintang).

2. Quarter horse.

kuda lomba Istimewa

foto: wideopenpets.com

Ras ini terkenal dengan kemampuan sprint yang cepat. Kuda ini mampu berlari dengan kecepatan 88,5 kilometer per jam dalam jarak 400 meter, sehingga cocok untuk kejuaraan kuda lompat dan halang rintang. Berkat kemampuannya ini, quarter horse juga jadi pilihan sebagai kuda perang.

3. Arabian horse.

kuda lomba Istimewa

foto: bxps.com

Ras ini bukan dikenal sebagai ras dengan kecepatan lari yang tinggi, tapi soal daya tahannya. Kemampuan ras tersebut dalam mengatur energi saat berlari membuatnya sering dipakai dalam kompetisi yang mengedepankan daya tahan seperti balapan marathon. Ras ini juga dikenal sebagai ras kuda yang cerdas.

4. Standardbred.

kuda lomba Istimewa

foto: scarboroughdowns.com

Memiliki bentuk yang serupa dengan Thoroughbred, kekuatan dan kecepatan yang dimiliki ras kuda ini datang dari punggung dan kaki belakangnya. Sering dianalogikan sebagai teman terbaik manusia. Ras ini cenderung memiliki sifat yang ramah dan sering digunakan dalam harness racing (semacam karapan kuda), dan juga barrel racing dan low jumping.

5. Appaloosa.

kuda lomba Istimewa

foto: leonierobertsphotography.wordpress.com

Sering digunakan untuk berburu karena kekuatan, ketangkasan dan daya tahannya. Selain warna kulitnya yang unik, kuda pintar yang memiliki tubuh compact dan kecil ini juga merupakan tunggangan yang cocok bagi anak kecil.

(mgg/hendra noor)







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more