Brilio.net - Di sejumlah negara di dunia, kuda menjadi salah satu hewan yang digunakan membantu mencari nafkah. Sebagai hewan yang dipekerjakan tentu saja harus dalam keadaan sehat.

Selama ini kamu pasti tahu kan kalau kuda harus menggunakan sepatu yang biasa disebut tapal kuda. Umumnya sepatu kuda terbuat dari besi. Tapi baru-baru ini seorang desainer membuat sepatu khusus untuk kuda agar bisa lebih aman saat berlari.

sepatu kuda © 2016 brilio.net

Dilansir brilio.net dari odditycentral.com, Kamis (15/12) Charly Forstner, membuat sepatu lari yang diperuntukan untuk kuda karena dia merasa prihatin dengan kondisi kuda selama ini. Menurut penelitian yang dia lakukan, 50% kuda yang diistirahatkan dari tugasnya selalu terkena masalah kuku dan kaki akibat penggunaan tapal kuda dan paku yang terlalu sering.

sepatu kuda © 2016 brilio.net


Dengan alasan itulah ia membuat sepatu lari khusus kuda yang diberi nama Megasus Horserunners. Sepatu yang ia buat ini menggunakan sistem jepit agar tetap menjaga kenyamanan namun juga tetap aman untuk si kuda.

"Produk unik ini memberikan banyak keunggulan dibanding sepatu kuda dari besi biasa. Selain lebih ringan dan punya ketahanan yang tinggi, sepatu ini tidak perlu menggunakan paku yang bisa menyakiti kaki kuda," kata Forstner.

sepatu kuda © 2016 brilio.net

Setelah uji coba, sepatu ini ternyata mampu bertahan di berbagai kondisi seperti jalanan berair, berlumpur hingga rerumputan. Sepatu ini juga memiliki kekuatan jepit yang luar biasa karena menggunakan perekat super lengket. Tapi tetap bisa dilepaskan dengan mudah.