Brilio.net - Kalau ditanya, siapa sih yang tidak suka cokelat? Pasti jawabannya hampir semua orang menyukai makanan manis ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Rupanya selain memiliki rasa yang manis, cokelat juga bisa meningkatkan mood seseorang. Dan bila seseorang memakan cokelat, hormon bahagianya juga bisa meningkat.

Namun tahukah kamu, kalau cokelat tak boleh diberikan kepada anjing? Cokelat ternyata menjadi makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh anjing karena dapat membuat anjing menjadi sakit bahkan bisa pula sampai membunuh anjing tersebut.

Seperti dilansir brilio.net dari Foodbeast, Senin (21/8), rupanya kandungan molekul dalam cokelat yang bernama theobromine lah yang membuat kudapan manis ini tidak boleh disantap oleh anjing.

Molekul theobromine ini bersifat alkaloid, yang bisa menimbulkan sederet efek psikis pada manusia dan juga hewan. Di mana theobromine tersebut lah yang membuat debar jantung menjadi meningkat, peningkatan energi pada otot-otot di tubuh, sampai melebarkan pembuluh darah.

Loading...

Lebih lanjut disebutkan, yang menjadi masalah ialah pada hewan zat molekul theobromine ini dicerna jauh lebih lambat jika masuk ke dalam tubuh hewan, dibandingkan masuk ke dalam tubuh manusia.

Sehingga akhirnya menimbulkan risiko seperti mual-mual, kejang, dan bisa berujung pada kematian. Ditambah lagi dengan faktor bahwa sejatinya anjing memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan manusia. Situasi ini akhirnya membuat hewan anjing bisa mudah jatuh sakit walaupun mengonsumsi cokelat dalam jumlah porsi yang sangat sedikit.